Tanya Dokter

  • Lecet pada kulit kemaluan

  •  Diksa
    Anggota
    Maaf dok mau nanya saya ada lecet di sekitar kulit bagian kemaluan tapi tepatnya tidak dikemaluan percis hanya berdekatan. Lecet nya berwana merah putih dan mengeluarkan cairan perih jika disentuh kalo boleh tau penyebabnya kenapa ya dok apa karena badab saya yang gendut jadi ada gesekan terima kasih

    Hallo Diksa

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Lecet biasanya disebabkan oleh gesekan dua permukaan kulit yang saling berdekatan. Ketika badan anda cukup gemuk (overweight), gesekan ini makin mudah terjadi atau lecet ini dapat terjadi ketika anda menggunakan pakaian yang terlalu ketat atau juga terjadi karena aktivitas fisik yang membutuhkan gerakan berulan serta dilakukan cukup lama seperti berlari. Sehingga lecet ini memang bisa terjadi dan dipengaruhi oleh berat badan seseorang. Mengenai lecet yang terjadi di sekitar kemaluan anda, bisa saja memang disebabkan karena gesekan kulit dan diperberat karena berat badan anda yang berlebih. Namun jangan lupa bahwa lecet ini bisa saja disebabkan karena adanya infeksi pada kulit di sekitar kemaluan anda, misalnya karena jamur atau bakteri juga virus. Jika karena infeksi, tentu saja anda harus mendapatkan pengobatan baik dengan salep antibakteri ataupun anti jamur. Karena memang saya tidak melihat secara langsung kondisi yang anda alami, maka memang sebaiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung pada dokter umum atau spesialis kulit dan kelamin. Nantinya penanganan kondisi lecet ini akan sesuai dengan penyebab kondisi lecet yang anda alami. Hal yang sementara ini dapat anda lakukan antara lain:

    • Menjaga kebersihan di sekitar daerah kemaluan anda
    • Hindari penggunaan pakaian yang terlalu ketat.
    • Hindari menggaruk daerah lecet.
    • Hindari mengoleskan bahan-bahan yang tidak anda ketahui manfaatnya, karena beresiko memperparah lecet yang anda alami.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

     

    dr. Aldy Valentino