Tanya Dokter

  • Penyebab laju endap darah meningkat

  •  Ayah Yugo
    Anggota

    Dear Dokters

    Saya ingin bertanya,kemarin anak saya badannya panas dan tumpah sampai beberapa kali,kemudian saya bawa ke rumah sakit untuk periksa dan ditangani dengan hasil laborat LED nya 30,untuk hasil DB dan Tipus negatif.

    Dari hasil konsultasi dengan dokter,mengatakan anak saya dehidrasi dan mengalami pengentalan darah sehingga harus diopname.

    Apakah maksud dari LED 30 itu? kemudian apakah hubungannya dengan pengentalan darah dan dehidrasi?

    Kemudian apabila berobat jalan,kira2 hal apa saja yang perlu saya lakukan dan perhatikan? untuk pengobatannya bagaimana?

     

    Terima kasih

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    LED adalah kepanjangan dari laju endap darah yaitu waktu yang dibutuhkan oleh sel darah merah untuk mengendap dalam tabung pemeriksaan dalam waktu 1 jam. Nilai normal LED bisa sedikit antar tiap laboratorium, namun umumnya yang dipakai pada anak-anak yang belum mencapai pubertas sekitar 3-13 mm/jam.

    LED tidak bisa digunakan sendiri untuk menegakkan diagnosis sehingga harus ditunjang oleh pemeriksaan lain yang lebih spesifik. LED yang tinggi menunjukkan adanya peradangan pada tubuh. Pemeriksaan LED dilakukan untuk mengkonfirmasi atau memonitor penyakit dalam tubuh seperti infeksi, penyakit autoimun atau keganasan/kanker. LED juga bisa meningkat pada anemia dan kehamilan.

    Demam pada anak disertai muntah seringkali disebabkan infeksi virus sehingga menyebabkan LED meningkat. LED sendiri lebih menunjukkan adanya proses peradangan daripada pengentalan. Dehidrasi bisa dinilai dari kondisi klinis dan hasil pemeriksaan dokter. Saat seseorang mengalami dehidrasi maka darah pun akan mengental.

    Nilai LED akan menurun seiring menurunnya proses peradangan. Jika memang penyakit tersebut disebabkan oleh virus, maka ada kemungkinan penyakit tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Hanya saja tetap membutuhkan terapi suportif yang adekuat, seperti minum yang cukup dan makanan yang bergizi.

    Untuk membantu mengatasi anak yang demam dan muntah, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah:

    • Berikan cairan atau air minum yang cukup. Bila perlu berikan oralit setiap habis muntah. Mencegah dehidrasi penting dengan memberikan asupan yang cukup
    • Berikan makanan dalam porsi kecil namun sering
    • Makanan yang dipilih misalnya bubur, sop, biskuit,aneka sayuran atau buah-buahan
    • Pantau suhu tubuh, dan apabila demam berikan obat penurun demam seperti parasetamol dan kompres hangat pada area dahi dan ketiak
    • Hindari memberi makanan yang terlalu beraroma, berbumbu atau berminyak

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.