Tanya Dokter

  • Leher bengkak dan demam menjelang sore

  •  Sisi Yulianti
    Anggota

    Halo dok.. Saya mau tanya, teman saya laki-laki umur 21 th, lehernya bengkak. Awalnyaa hanya benjolan kecil disebelah kiri, semakin lama semakin besar dan ada disebelah kanan juga.. Badannya demam kalau menjelang sore.. Benjolannya tidak keras tp sakit kalo ditekan tekan.. Kalo lg kambuh, susah untuk menelan makanan, leher terasa pegal.. Ini termasuk apa yah dok? Adakah obatnya?

    Halo, Leher merupakan area yang kompleks, dan di sekitar leher terdapat banyak kelenjar dan pembuluh darah besar. Benjolan disekitar leher, kemungkinan disebabkan oleh:

    Pembesaran kelenjar getah bening biasanya terjadi karena ada infeksi atau peradangan di area sekitar kelenjar getah bening tersebut. Perlu adanya pemeriksaan fisik langsung, untuk menentukan apakah terdapat peradangan atau infeksi di sekitar kelenjar yang kemungkinan dapat menyebabkan pembesaran kelenjar getah bening tersebut. Pada pembesaran kelenjar getah bening yang disebabkan oleh infeksi, umumnya apabila sumber infeksi disekitar kelenjar sudah teratasi, misalnya dengan pemberian antibiotik dan antiradang, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Adanya demam, menunjukkan kemungkinan terjadinya infeksi, yang biasanya terjadi secara sistemik. Perlu dilakukan pemeriksaan untuk mencari dan mengatasi penyebab demam, apakah disebabkan oleh hal yang lain, atau berkaitan dengan pembesaran kelenjar getah bening tersebut. Demam ini perlu juga diwaspadai, apabila telah berlangsung berhari-hari, dan tidak menunjukkan perbaikan setelah konsumsi obat penurun panas. Untuk dapat mengetahui penyebab dari semua jenis benjolan, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Apabila benjolan tersebut timbul terus menerus, walaupun tidak ada infeksi lain, dan muncul kembali bahkan setelah obat yang diberikan dokter habis, Anda dapat kembali memeriksakan diri kepada dokter ahli bedah. Dokter akan melakukan pemeriksaan, kemudian menentukan penanganan yang paling tepat sesuai dengan kompetensinya. Untuk mengurangi keluhan yang dirasakan, berikut langkah yang dapat dilakukan:
    • Istirahat cukup
    • Makan bergizi dan minum air putih cukup
    • Minum obat penurun demam dan anti nyeri, misalnya paracetamol atau ibuprofen
    • Kompres air hangat untuk membantu menurunkan demam
    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha