Tanya Dokter

  • Leher terasa bengkak setelah tercekik

  •  keiii
    Anggota
    halo dok, saya mau nanya, jadi kemarin saya bisa di bilang di ditekan seperti di cekek jadi leher saya di sebelah kanan bengkak. leher saya bengkak ini memang karena ditekan itu ata karena hal lain ya? kalau karena itu apa bisa berbahaya? terimakasih
    keiii  keiii
    Anggota
    maaf maksudnya di cekik

    Hai keiii,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Trauma mekanik pada leher (termasuk akibat dicekik) memang bisa menyebabkan leher menjadi bengkak. Bengkak ini bisa diakibatkan oleh edema (rembesan cairan interstisial), hematoma (kumpulan nanah di bawah kulit), atau cidera jaringan sekitarnya di leher. 

    Di samping efek pasca trauma, leher yang membengkak bisa juga disebabkan oleh kondisi lainnya, seperti:

    • Gigitan serangga
    • Pembesaran kelenjar tiroid, misalnya karena penyakit autoimun, tiroiditis, nodul, atau kanker tiroid
    • Selulitis (infeksi jaringan lunak)
    • Parotitis (radang kelenjar ludah), dan sebagainya

    Untuk memastikan, apakah kondisi tersebut berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter berikut juga pemeriksaan penunjang, misalnya laboratorium, rontgen, USG, dan sebagainya. Karenanya, coba Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter ya..

    Sebagai langkah awal, kompres leher yang membengkak dengan air hangat, serta tinggikan leher saat tidur (misalnya dengan diganjal menggunakan bantal lebih tinggi). Hindari memijat berlebihan leher yang bengkak. Jika bengkak terasa nyeri, Anda bisa mengkonsumsi obat paracetamol untuk meredakannya.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah