Tanya Dokter

  • Penyebab nyeri leher saat badan kelelahan

  •  Yanifitriana
    Anggota

    selamat sore dokter,

    saya yani, mau bertanya. akhir-akhir ini kalau badan saya kecapean, leher kiri saya suka cenat cenut. sebelumnya pernah ada benjolan kelenjar getah bening di leher kiri saya, namun sudah hilang setelah berobat jalan selama setahun.

    apakah cenut-cenut yang sekarang ini ada tanda-tanda kelenjar getah bening saya aktif lagi atau bagaimana ya dok? atau ada pengaruh dari gigi berlubang ?

     

    terima kasih

     

    yani fitriana

    Halo Yanifitriana......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Jika yang Anda maksud adalah leher Anda sering terasa sakit, memang dapat saja disebabkan oleh karena kelenjar getah bening. Akan tetapi biasanya selain timbulnya rasa sakit juga dapat diraba benjolan pada leher.

    Pembekakan kelenjar getah bening sendiri memang dapat dipicu oleh karena gangguan kesehatan pada gigi, yang khususnya kepada gigi berlubang yang mengalami suatu infeksi.

    Akan tetapi selain oleh karena infeksi pada gigi, pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat disebabkan oleh : infeksi telinga, Peradangan pada tenggorokan, Peradangan pada Amandel, Tuberkulosis atau TBC, kanker, dan lain sebagainya.

    Selain oleh karena kelenjar getah bening, kondisi yang Anda alami juga dapat disebabkan oleh : otot yang kaku karena terlalu lama menunduk/ sering menggertakkan gigi/ membaca diatas tempat tidur, saraf terjepit, kerusakan sendi, penyempitan jalur saraf tulang belakang, infeksi pada leher, rematoid artritis, dan lain sebagainya.

    Kami sangat menyarankan untuk menemui dokter gigi terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar gigi anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Apabila gigi Anda sudah tertangani, rasa sakit pada leher masih saja timbul, maka temuilah dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati