Tanya Dokter

  • Mengatasi sakit leher dan nyeri punggung

  • Halo dokter,

    Saya mengalami keluhan tegang di bagian leher dan punggung. Awalnya saya merasakan back pain yg saya anggap akibat nyeri menstruasi , lalu besok paginya ketika bangun tidur saya malah mengalami sakit leher sebelah kanan. Saya coba pijat dan oleskan counterpain + tempel koyo. Lalu dua hari kemudian berpindah kekiri dan saya lakukan hal yang sama. Dua hari kemudian sembuh sudah bs melihat kanan kiri. Tp tengkuk belakang yg tegang. Dua hari kemudian sembuh lg lalu pindah, otot leher kanan jd tegang, sangat terasa jika dipegang. Tp setelah itu mendingan, skrg leher kanan masih sedikit terasa sakit dan punggung saya rasanya sangat tegang rasanya.

    Pertanyaan saya, apakah hal ini biasa terjadi dan bisa disembuhkan dengan pijat atau salonpas? Apakah hal seperti ini ada kaitannya dengan stress? Karena saya ga hanya sekali sakit leher, sudah 1,5 tahun belakangan ini sejak pindah kantor memang pekerjaan saya cukup membuat stress hingga sudah 4x atau lebih saya mengalami sakit leher. Mohon bantuannya. Terima kasih :)

    Oh, untuk tambahan. Saya juga sempat mengalami tegang di rahang hingga kepala selama seminggu ini.

    Dear Amalia, Terima kasih atas pertanyaannya. Leher yang terasa kaku, tegang, nyeri punggung, dapat disebabkan oleh beberapa hal, dimana untuk mengatasinya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasari. Berikut beberapa kemungkinannya:

    • Posisi yang tidak ergonomis/tidak sesuai. Hal ini umum dijumpai pada pekerja, misalnya posisi leher yang menekuk atau terlalu menengadah pada saat bekerja (sering dijumpai pada pekerja kantoran yang menggunakan komputer, tukang jahit, operator, dll), posisi yang membungkuk, posisi tubuh tidak simetris, jongkok, mengangkat beban berat, dan sebagainya
    • Cedera pada otot leher ataupun punggung, dapat disebabkan oleh benturan, cedera olahraga
    • Frozen Shoulder
    • Scoliosis
    • Saraf terjepit
    • Faktor psikis, misalnya stres, gangguan kecemasan
    Hal yang dapat dilakukan sementara ini:
    • Hindari posisi yang tidak ergonomis
    • Rutin berolahraga, lakukan pemanasan yang cukup sebelumnya, misalnya olah raga renang
    • Tidur menggunakan bantal dan kasur yang dapat menopang leher dan punggung dengan baik
    • Kelola stres psikis: yoga, latihan pernapasan
    • Membaca artikel: pencegahan nyeri punggung
    Apabila telah melakukan hal di atas namun keluhan masih ada, sebaiknya periksakan diri ke DOkter ya. Demikian semoga bermanfaat. dr.Annes