Tanya Dokter

  • Leher tidak bisa menoleh ke kanan

  • Dok saya mau tanya saya sudah 4 hari lebih leher saya gak bisa menoleh ke kanan. Kira kira di kasih obat apa ya dok supaya sembuh

    Hallo Natasha, Kaku pada leher dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada otot, tulang ataupun sendi. Penyebabnya pun bervariasi dari yang ringan sampai yang berat. Penyebab Kaku pada leher diantaranya adalah :

    1. Aktivitas fisik seperti posisi leher yang salah dalam waktu yang cukup lama misal saat tidur, mengangkat beban berat pada satu sisi, olahraga dengan beban berat yang bertumpu pada tubuh bagian atas.
    2. Trauma
    3. Kondisi medis seperti adanya peradangan pada otak (meningitis), penyakit kronis yaitu cervical spondylosis, rheumatoid arthritis. Tentunya pada kondisi ini akan disertai gejala yang lebih parah.
    Sebelum menentukan terapi atau pengobatan ada baiknya anda mengetahui dulu penyebab utama kaku pada leher tersebut. Periksakan diri ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sehingga dokter akan memberikan terapi yang sesuai. Berikut tips yang dapat membantu mengurangi keluhan anda :
    • Tidur dengan bantal yang rendah agar otot leher tidak terlalu tegang
    • Karena keluhan ini sudah berlangsung selama lebih dari 4 hari, kompres dengan air hangat untuk mengurangi nyeri
    • Gunakan gel pereda nyeri seperti ibuprofen gel, dengan ketentuan pemakaian sesuai dengan yang tertera pada kemasan obat.
    • Lakukan olahraga ringan seperti memutar kepala perlahan dari kiri ke kanan dan sebaliknya, mendongak dan menunduk.
    Artikel yang dapat anda baca : kaku pada leher semoga membantu, dr. Tantya