Tanya Dokter

  • leher kaku dan nyeri kepala selalu muncul setiap hari

  • Numpang tanya dok.. Umur saya 23 tahun... 2 minggu ni saya mengalami sakit kepala berat setiap hari terus-menerus... nyeri di kepala bagian belakang,atas dan dahi... Intesitas sakit kepala saya muncul setiap leher saya kaku dan linu... Tetapi hilang saat rebahan atau setelah saya olesi balsem.. Mulut saya setiap hari terasa pahit,pandangan kabur,dan mudah bingung... Mohon pencerahannya yaa dok,saya mengidap penyakit apa.... Terima kasih :-)

    Hai,   Untuk mengetahui diagnosa pasti penyakit Anda maka pemeriksaan fisik oleh dokter sangat diperlukan. Mendiagnosa seseorang tanpa melakukan pemeriksaan fisik adalah hal yang sulit untuk dilakukan dan dipertanggungjawabkan. Sakit kepala yang disertai keluhan Anda yang lain bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti :

    1. Sakit kepala tegang
    2. Sakit kepala cluster
    3. Glukoma
    4. Gangguan pada otak = tumor otak, radang otak, aneurisma dll
    5. dll
    Sakit kepala tipe tegang merupakan sakit kepala yang paling sering diderita, nyeri kepala timbul seperti sensasi berat dan terasa seperti diikat pada kepala. Penyebabnya bisa disebabkan oleh :
    1. Dehidrasi
    2. Telat makan
    3. Stress fisik / psikis
    4. Postur tubuh yang buruk
    5. Kelelahan
    6. Kurang olahraga
    7. dll
    Penanganan sakit kepala tegang bisa dengan menggunakan obat obatan pereda nyeri seperti paracetamol, melakukan massage / relaksasi, istirahat cukup, makan gizi seimbang, olahraga rutin dan konsumsi banyak air putih. Jika gejala sakit kepala Anda berlangsung terus selama > 1 minggu disertai dengan gejala :
    1. Adanya riwayat trauma pada kepala
    2. Leher kaku sehingga tidak bisa menundukan kepala
    3. Demam
    4. Linglung
    5. Mual-muntah yang menyemprot
    6. Kesadaran semakin menurun
    7. disertai rasa lemas pada bagian tubuh tertentu
    Maka segeralah berobat ke dokter tanpa ditunda. Gejala diatas bisa jadi  merupakan tanda adanya indikasi medis serius yang terjadi.   Semoga membantu.   dr. Yusi

    Muhammed De Moechlazs  Rita Fitriani
    Anggota

    Dok.suami saya umur 23th Sudah 3 hari sakit leher bagian kiri kaku dan nyeri bahkan sulit untuk bergeser sedikitpun. Dimulainya ketika siang hari. Disertai dengan demam dan berkeringat berlebih. Kenapa ya dok?