Tanya Dokter

  • leher kanan dan depan membesar

  •  Imelda Octav
    Anggota

    Hallo dok,saya berumur 18 tahun beberapa bulan terakhir saya melihat bahwa Leher sebelah kanan saya Dan hampir kebagian depan seperti membesar (seperti gondok) tapi saat itu saya tidak merasakan hal apapun,hanya aja saya sedikit sesak nafas Dan saya pikir itu Dari Asam lambung saya,Dan akhir2 ini saya merasakan seperti ada yang mengganjal saat menelan Dan saat saya raba saya baru sadar ada benjolan dibawah dagu saya benjolan itu tidak sakit dok,tidak terlihat hanya terasa saat diraba saja,gusi saya juga ada yang bengkak sedikit dibagian depan,kira2 saya ini kenapa ya dok?,Dan pengobatan yang tepat harusnya bagaimana?

    Halo,   Pembesaran leher yang Anda keluhkan bisa disebabkan karena :

    1. Pembesaran kelenjar tiroid akibat gangguan tiroid = jika tiroid membesar biasanya tanda yang khas adalah benjolan akan turut ikut bergerak saat proses menelan ludah.
    2. Pembesaran KGB akibat infeksi sekitar = benjolan di bawah dagu bisa disebabkan akibat infeksi / peradangan pada gigi dll.
    3. Kista
    4. Abses
    5. Tumor
    6. Metastasis Kanker
    7. dll.
    Oleh karena itu maka pembesaran leher yang hanya terjadi sebagian (sebelah kanan saja) memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung oleh dokter THT dan memerlukan tes medis terkait seperti tes darah = memeriksa hormon tiroid dll, laringoskopi, Orofaringoskopi, USG leher, CT SCAN dan MRI untuk memperjelas kondisi kesehatan Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan yang sesuai bisa diberikan kepada Anda. Saran kami infokan orang tua Anda dan ajak mereka untuk memeriksakan diri Anda ke dokter THT. Baca topik Benjolan di leher. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi