Tanya Dokter

  • leher terasa tegang

  • selamat malam Dok, saya batuk sudah tujuh hari yang dimulai dari har jum'at. batuk awalnya kering, namun 3 hari setelahnya mulai berdahak. yang jadi keluhan Dok, kenapa di daerah leher sebelah kanan itu terasa nyeri dan saat kepala di gerakkan, rasanya seperti menegang otot-ototnya. sama juga saat saya menelan makanan, menunduk, menguap, bahkan saat hendak berbaring pun, leher sebelah kanan saya terasa sakit. saat saya mencoba menekan daerah tersebut, terasa seperti ada benjolan kecil, lembut, dan bergerak saat saya mencoba menelan. Kira-kira, leher saya ini apa di akibatkan oleh batuk atau hal yang lain ya dok? mohon tanggappannya. trimakasih

    Hai, Benjolan di leher yang menyebabkan Anda nyeri leher seperti tegang itu kemungkinan besar adalah kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening merupakan salah satu komponen daya tahan tubuh yang berfungsi sebagai markas bagi para sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk membasmi kuman dan senantiasa berpatroli mengitari tubuh melalui sirkulasi darah dan getah bening. Saat ada serangan kuman/virus/kanker, kelenjar ini akan berespons dengan melipatgandakan pasukan sel darah putihnya, sehingga kelenjar pun membesar. Kelenjar getah bening dapat membesar oleh berbagai keadaan, misalnya:

    Biasanya, kelenjar getah bening yang diakibatkan oleh infeksi ringan seperti radang tenggorokan/batuk pilek, akan membaik dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu setelah proses penyakit berakhir. Kelenjar yang tetap membesar lebih dari 2 minggu seyogianya membawa Anda kembali mengunjungi Dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Pada saat itu, Anda mungkin memerlukan pemeriksaan tambahan berupa pemeriksaan USG dan biopsi (operasi kecil untuk mengangkat sebagian/seluruh benjolan agar bisa diperiksa di laboratorium). Yang penting disini ialah Anda perlu mengakhiri proses yang mengawali membesarnya kelenjar getah bening. Di sini, Anda perlu berkonsultasi dengan Dokter agar proses awal ini bisa diobati, dengan demikian kelenjar diharapkan bisa mengecil. Berikut tips untuk Anda:
    • Istirahat cukup setiap harinya, hindari bergadang
    • Perbanyak asupan buah dan sayuran guna memenuhi kebutuhan nutrisi untuk menunjang kesembuhan penyakit
    • Minum obat pereda nyeri seperti parasetamol bila nyeri mengganggu
    • Hindari merokok, merokok akan mempersulit proses penyembuhan batuk
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma