Tanya Dokter

  • Ingin badan cepat gemuk

  •  Deni Anggara
    Anggota

    dok kenapa badan saya tidak cepat gemuk padahal saya setiap hari saya pasti makan dan paginya sarapan malah sering makan lebih dan jarang olahraga tapi bukan tidak pernah olahraga dan dihitung dgn ibm badan saya termasuk ukuran ideal

    Halo Deni Anggara, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Berat badan yang tidak mudah naik disebabkan karena asupan kalori yang masuk ke tubuh, yang didapat dari makanan jumlahnya sama dengan kalori yang dikeluarkan oleh tubuh. Kalori yang dikeluarkan oleh tubuh atau yang disebut juga dengan Total Daily Energy Expenditure (TDEE) terdiri dari beberapa komponen:

    • Basal metabolic rate (BMR)

    BMR adalah estimasi kalori yang dikeluarkan saat anda tidak melakukan apa-apa dan hanya tiduran saja selama 24 jam. BMR menggambarkan jumlah energi minimum yang anda butuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh seperti bernafas, menjaga agar jantung tetap berdetak, otak tetap hidup dan berfungsi, badan tetap hangat, dan lain-lain. Sebagian besar kalori yang masuk ke tubuh kita justru akan dikeluarkan dalam bentuk BMR ini (70%). BMR dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, berat badan, serta tinggi badan.

    • Aktivitas fisik

    Aktivitas fisik yang meliputi olahraga, sebenarnya hanya berpengaruh sekitar 20% dari pengeluaran kalori. Namun meningkatkan aktivitas fisik dalam bentuk olahraga aerobik dapat membantu meningkatkan BMR.

    • Thermic effect of food (TEF)

    TEF adalah jumlah energi yang dibutuhkan untuk mencerna dan memproses makanan yang dimakan. TEF dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan (karbohidrat kompleks atau karbohidrat sederhana, protein, lemak, serat, dan lain-lain). TEF hanya berpengaruh sekitar 10% dari total pengeluran kalori sehari.

     

    Bila berat badan anda tergolong berat badan yang ideal, maka anda tidak perlu meningkatkan lagi berat badan anda. Anda dapat makan dan beraktivitas fisik seperti yang saat ini sudah anda lakukan. Meningkatkan jumlah olahraga menjadi 30-40 menit setiap hari dapat membantu anda  meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia