Tanya Dokter

  • Penanganan pes planus (flaat foot)

  • Dok,saya penderita pes planus total. Kalo saya pegang2 kaki adek saya(pes parsial) dan kaki saya kek nya gk ada beda tulang2nya.saya 163 cm dan 63 kg.Bagaimana mengurangi lemak di kaki(dugaan saya ini ulah lemak)

    Halo Johannes K. Sitorus, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Pes planus atau yang disebut juga dengan flat foot adalah kondisi di mana telapak kaki tidak membentuk cekungan yang normal. Kondisi ini bisa jadi merupakan kondisi bawaan sejak kecil, namun bisa juga kondisi yang didapat saat usia dewasa. Pada bayi dan anak-anak, kondisi ini adalah kondisi yang normal terjadi. Pada usia 2-3 tahun normalnya cekungan di telapak kaki akan terbentuk saat ligamen dan tendon di kaki mulai menguat. Namun pada beberapa orang, kondisi flat foot ini akan menetap hingga dewasa. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh faktor genetik.

    Cekungan pada kaki yang semula normal menjadi rata pada orang dewasa dapat disebabkan karena cedera berulang pada ligamen atau tendon di kaki. Berikut ini adalah beberapa faktor risiko terjadinya flat foot pada seseorang:

    1. obesitas atau kelebihan berat badan
    2. cedera terutama cedera berulang pada kaki dan pergelangan kaki 
    3. orang yang memiliki aktivitas fisik sangat tinggi misalnya altet
    4. penyakit tertentu seperti rheumatoid arthritis
    5. penuaan
    6. diabetes dan hipertensi

     

    Flat foot tidak disebabkan karena penumpukan lemak pada telapak kaki, sehingga anda tidak perlu berusaha mengurangi lemak di telapak kaki anda. Namun demikian, bila anda memiliki masalah kelebihan berat badan, risiko anda menderita flat foot memang meningkat, sehingga menurunkan berat badan secara keseluruhan dapat membantu mengurangi gejala-gejala akibat flat foot yang anda miliki.

    Beberapa hal lain yang dapat anda lakukan untuk mengurangi gejala selain menurunkan berat badan antara lain:

    1. Hindari aktivitas yang terlalu berat, usahakan agar aktivitas fisik yang anda lakukan adalah aktivitas fisik yang memiliki tekanan lebih ringan pada telapak kaki seperti berjalan kaki, berenang, bersepeda. Hindari olahraga yang membutuhkan banyak gerakan berlari atau meloncat.
    2. Menggunakan alas kaki khusus yang bisa menopang cekungan di telapak kaki untuk membuat kaki lebih nyaman saat berdiri atau berjalan
    3. Menggunakan obat-obatan antinyeri seperti parasetamol atau ibuprofen bila memang nyeri sangat mengganggu, namun penggunaan obat-obatan ini secara rutin tetap tidak direkomendasikan

     

    Bila gejala yang anda rasakan memang sangat mengganggu hingga anda sulit melakukan aktivitas anda sehari-hari, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis orthopedi untuk dilakukannya pemeriksaan dan tindakan tertentu misalnya operasi untuk memperbaiki kondisi flat foot anda. Terapi lain selain operasi yang dapat diberikan adalah penggunaan alas kaki khusus, melakukan peregangan otot dan tendon di daerah kaki dan pergelangan kaki, serta melakukan terapi fisik dengan dokter spesialis rehabilitasi medis.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia