Tanya Dokter

  • Mata merah dan seperti ada ada gumpalan lemak

  •  Yolanda Joice
    Anggota
    Halo dok. Sya mau tnya, sudah 1minggu ini mata sya merah awalnya sya kira iritasi namum stelh di cek ada lemak mata (tdk perlu sampai d kikis) sya sudah d beri obat ttes sanbe tears, ttapi mata sya tetap merah. Apa sya harus terus menggunkn obat trsebut dok ? Trima kasih.

    Halo Yolanda,terimakasih telah bertanya di alodokter. Jadi kondisi mata anda yang berupa mata merah dapat disebabkan oleh peradangan pada pembuluh darah di sklera (selaput putih). Mengenai kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai brikut:
    1. Konjungtivitis (peradangan pada selaput konjungtiva oleh karena bakteri,alergi ataupun virus)
    2. Keratitis
    3. Mata kering (aktivitas di depan layar berlebihan atau sering terkena debu)
    4. Kelelahan
    5. Pterigium
    Pada kondisi anda,jika anda telah berkonsultasi ke dokter spesialis mata dan didiagnosis sebagai pterigium,pterigium adalah timbulnya selaput pada permukaan bola mata. Gejala pada penyakit ini:
    1. Mata merah
    2. Iritasi
    3. Gatal dan perih
    4. pandangan kabur
    Pada diagnosis biasanya dokter mata akan mengetahui tingkat keparahan pterigium yang anda derita dan memberikan penanganan yang sesuai antara medikasi/obat-obatan tetes mata untuk mengurangi gejala dan peradangan/inflamasi yang terjadi,serta pembedahan (jika dengan obat-obatan,gejala anda masih muncul). Sangat disarankan,jika anda sudah menggunakan obat tetes mata tetapi gejala anda masih tak kunjung hilang,anda dapat segera kembali berkonsultasi ke dokter mata agar dapat diberikan penanganan selanjutnya. Salam dr. Celleen