Tanya Dokter

  • Badan pegal, sakit leher dan jantung berdebar

  • Dok, sudah dua minggu saya merasa pegal dan sakit leher. Beberapa hari ke belakang sampai sekarang juga tangan saya selalu gemetaran, jantung saya berdebar lebih cepat dari biasanya, juga badan saya terasa lemas sekali terutama bagian kaki. Kira2 penyebabnya apa ya dok?

    Gyfiantow yang baik,

    gejala yang Anda kemukakan diatas pada dasarnya belum mengacu pada satu diagnosis tertentu yang spesifik. Namun demikian dari beberapa gejala dapat diperkirakan kurang lebihnya kondisi yang Anda alami. Seperti pada pegal dan sakit leher yang dirasakan bisa disebabkan oleh karena aktivitas sehari-hari yang melelahkan, kesalahan postur, atau pasca menopang barang berat. Kondisi serupa juga bisa terjadi oleh karena infeksi baik oleh virus atau demam. Pada kondisi ini pula seringkali rasa lemas juga ikut menyertai hingga rasa menggigil seperti demam. Jantung juga bisa berdebar bila terjadi demam oleh karena cara tubuh menyesuaikan diri dengan kekurangan cairan.

    Rasa nyeri dan tidak nyaman bisa dikurangi dengan penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk penggunaan yang ada. Konsumsi cukup cairan dan berikan kesempatan tubuh untuk pulih dengan beristirahat. Namun demikian jika kondisi tak kunjung membaik jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai lemas. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief