Tanya Dokter

  • Lemas dikaki dan tangan.

  •  L Amelia
    Anggota

    Haloo dok. Saya ingin bertanya tentang keluhan saya yang lemas tidak bertenaga pada kaki dan tangan saya dan itu terjadi ketika malam hari. sebelum menikah saya belum pernah merasakan seperti ini. Sebenarnya ada apa dengan lelahnya kaki dan tangan saya ini setelah pasca pernikahan saya 1 bulan kemarin. Tolong penjelasannya dok.

    Halo, Penyebab lemas dan tidak bertenaga pada kaki dan tangan sangat luas. Rasa lemas (weakness) adalah berkurangnya kekuatan otot atau membutuhkan usaha lebih besar dari biasanya untuk menggerakkan kaki, tangan atau bagian lain dari tubuh. Jika lemas terjadi akibat rasa nyeri, maka pasien tetap dapat menggerakkan ototnya dengan rasa nyeri. Lemas di tubuh secara umum dapat disebabkan oleh aktivitas fisik yang cukup intens misalnya mendaki gunung yang akan membaik dalam beberapa hari kemudian. Lemas juga dapat disebabkan penyakit seperti:

    • gangguan mineral/ elektrolit, misalnya kurang kalium
    • gangguan hormon, misalnya hormon tiroid
    • kelainan saraf seperti sindrom Guillain Barre dengan gejala kelemahan di tungkai, lengan, dan otot-otot lain
    • miastenia gravis yaitu penyakit kronis yang dengan cepat dapat mengakibatkan kelemahan otot
    • sindrom fatigue kronis/ kelelahan kronis
    • fibromialgia
    • sindrom restless leg
    Jika kelemahan terbatas pada 1 sisi tubuh, dapat disebabkan oleh proses di otak, misalnya stroke. Kelemahan otot yang terjadi perlahan-lahan dan makin memburuk seiring waktu atau sangat mengganggu perlu dikonsultasikan ke dokter. Dokter akan melakukan wawancara, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti laboratorium darah, CT scan, elektromielografi jika perlu. Sebaiknya Anda:
    • Saat rasa lemas menyerang, segeralah beristirahat
    • Minum air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi
    • Makan dengan gizi seimbang dan tidak melewatkan waktu makan termasuk makan pagi
    • Membatasi alkohol dan kafein
    • Selipkan olah raga dalam kegiatan sehari-hari
    • Usahakan tidur malam yang berkualitas
    Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar