Tanya Dokter

  • Lendir bercampur darah tidak berbau setelah infeksi kandung kemih

  • Teman saya wanita 20 tahun, saat ini ia merasakan gejala gejala infeksi kendung kemih, saat seminggu sakit ia menstruasi tetapi tidak banyak seperti biasanya. karena pipis sakit dan bab tidak lancar ia berobat dan diberikan antibiotik dan pereda nyeri setelah 2 minggu ia merasa baikan dan sudah tidak merasakan sakit akan tetapi terdapat lendir dengan sedikit darah saat pipis, apakah berbahaya? bagaimana pengobatannya?

    Hai,   Penegakan diagnosa dari keluhan teman Anda tidak bisa dilakukan berdasarkan konsultasi semata, diperlukan anamnesa terpadu, pemeriksaan fisik dan tes medis terkait seperti tes darah, tes urine, USG dll untuk bisa memberikan diagnosa pasti dari keluhan teman Anda. Dengan didapatkannya diagnosa pasti dari keluhan teman Anda maka pengobatan yang tepat dan sesuai bisa diberikan untuk mengurangi gejala. Apakah lendir keluar dari saluran kencing / vagina ? atau bersama dengan kencing ? adakah keluhan lain seperti keputihan ? adakah demam? apakah lendir selalu keluar setiap kali pipis? Kesemuanya perlu ditanyakan kepada pasien yang bersangkutan agar bisa didapatkan pendiagnosaan yang tepat dan mengarah. Adapun kemungkinan penyebab keluhan teman Anda antara lain adalah :

    1. Infeksi saluran kemih
    2. Infeksi kelamin yang berkomplikasi ke saluran kemih
    3. Luka / iritasi saluran kemih
    4. Pyelonefritis
    5. Keputihan patologis
    6. sisa darah paska menstruasi
    7. tanda awal kanker serviks
    8. dll
    Saran terbaik kami adalah konsultasikan kembali keluhan teman Anda kepada dokter terdekat, dengan pemeriksaan yang terpadu dan tes medis seperti diatas bisa menentukan penyebab keluhan teman Anda. Menjaga kebersihan organ intim, berpantang seks bebas dan memeriksakan diri ke dokter akan membantu menentukan penyebab dan mendapatkan pengobatan sesuai keluhan Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi