Tanya Dokter

  • Lendir coklat kemerahan pada vagina setelah berhubungan intim

  •  Faris Rai
    Anggota
    Dok 2 minggu lalu istri saya mengeluarkan sedikit darah dan lendir seperti garis agak kecoklatan pada miss Vnya, pagi sebelum kejadian kita memang baru melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya, di sore harinya ketika pasangan saya buang air kecil dia menarik seperti lendir merah kecoklatan / sebaliknya pd miss Vnya, sebelumnya saya jg tidak mengeluarkan sperma di dalam miss V pasangan saya, boleh tau penyebabnya dok ? Oia itu hanya terjadi sebanyak 2x sore harinya di hari itu dan besok paginya, thx

    Hallo Faris Rai

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Adanya darah kecoklatan yang keluar dari vagina pasangan anda bisa berkaitan dengan menstruasi atau hal lain. Munculnya flek kecoklatan bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, misalnya:

    Flek kecoklatan sebelum menstruasi, menandakan bahwa anda sedang memasuki masa gejala premenstrual (premenstrual syndrome) atau akan segera mendapat menstruasi.

    Flek kecoklatan ini dapat terjadi pada masa menjelang ovulasi atau pada waktu di antara siklus haid. 

    Stres dan kelelahan

    Kehamilan (flek keluar pada kehamilan usia 7-10 hari, muncul ketika janin menempelkan dirinya pada dinding rahim untuk pertumbuhan selanjutnya setelah proses pembuahan).

    Perimenopause (usia transisi menuju menopause, biasanya terjadi sekitar usia 40-an).

    Efek samping alat kontrasepsi (mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama anda mengonsumsi pil kontrasepsi. Bisa juga karena penggunaan IUD atau KB spiral).

    Selain itu bisa saja darah kecoklatan tersebut terjadi karena adanya perlukaan pada dinding vagina saat anda berhubungan seksual dengan pasangan anda, dimana darah akan mengalami proses oksidasi sehingga tampak menjadi kecoklatan atau menghitam serta menggumpal. Memang penyebab flek kecoklatan yang terjadi pada pada pasangan anda belum jelas. Misalnya selain flek kecoklatan ini muncul gejala lain seperti nyeri pada perut bagian bawah, flek kecoklatan berlangsung cukup lama, atau muncul gejala perih serta gatal pada vagina, muncul perdarahan setelah hubungan seksual, maka sebaiknya pasangan anda memeriksakan diri pada dokter kandungan. Jika muncul sebenat saja, maka kondisi ini bukan merupakan suatu hal yang berbahaya. Namun jika flek kecoklatan ini sering terjadi, bisa saja merupakan tanda dari suatu penyakit tertentu. Ada kemungkinan flek coklat juga bisa menjadi tanda penyakit misalnya penyakit radang panggul atau sindrom ovarium polikistik. Intinya jika muncul flek yang tidak seperi biasanya dan berlangsung lama, segera konsultasikan pada dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang sesuai.

    Semoga jawaban ini membantu.

     

    dr. Aldy Valentino