Tanya Dokter

  • Perut kram disertai pengeluaran flek coklat berlendir setelah hubungan intim saat menstruasi

  •  hanifah14
    Anggota
    Salam dok, ada yg mau sya tnyakan, tgl 7mei kmren sya haid tpi sya mlh brhubungan dgn suami sya, khilaf,, tgl 12 sudah bersih tapi 3hari ini perut agk keram trs kok ada yg keluar agk basah dan berlendir tp brwarna kecoklatan, apa serviks sya brmasalah? Skrg sya mencoba program anak, dan setau sya masa ovulasi itu memg ada lendir tp brwarna bening. Sebaik nya bagaimna ya dok? Terimakasih. Salam..

    Halo,

    Berhubungan intim saat sedang haid dapat menimbulkan risiko, terutama ketika darah haid masih mengalir deras. Risikonya yaitu kuman dapat masuk ke rongga panggul (menyebabkan radang panggul) karena pada saat tersebut leher rahim sedang terbuka. Hubungan intim saat haid juga dapat meningkatkan risiko infeksi pada vagina, misalnya infeksi jamur ataupun bakteri.

    Selain risiko di atas, berhubungan intim saat haid juga dapat memberi efek positif, misalnya memberi efek perbaikan mood yang sering memburuk saat haid akibat pelepasan hormon endorfin saat berhubungan intim ataupun kenikmatan berhubungan yang lebih besar akibat perubahan hormon saat haid. Meskipun demikian, berhubungan intim saat haid masih menimbulkan pro dan kontra, terlebih pada saat darah haid masih mengalir deras.

    Lendir berwarna kecoklatan di luar masa haid dapat terjadi pada beberapa keadaan, misalnya:

    • endometriosis
    • sindrom polikistik ovarium (gangguan indung telur)
    • luka atau cedera pada vagina
    • mioma
    • radang panggul

    Masa ovulasi pada wanita yang memiliki siklus haid 28 hari berada pada waktu 12-16 hari sebelum kedatangan haid berikutnya. Masa subur juga dapat ditandai keluarnya lendir yang jernih dan lentur. Menghitung masa subur dapat Anda baca pada artikel ini: Masa subur

    Artikel terkait: Fakta-fakta bercinta saat menstruasi

    Mewaspadai menstruasi tidak normal

    Semoga membantu,

    dr.Mira