Tanya Dokter

  • Lendir dalam tenggorokan

  • Selamat malam, Dok. Tanggal 20 mei lalu saya terkena penyakit batuk dan pilek. Penyakit tersebut berlangsung sampai 2 minggu kemudian. Setelah saya sembuh dari pilek, batuk saya masih belum sembuh. Saya sudah mencoba 2 obat untuk menghilangkan lendir/riak yang masih ada di dalam tenggorokan. Saya berusaha mengeluarkan itu (lendir) setiap waktu. Karena saya ingin menghilangkan lendir dari dalam, tenggorokan saya sempat sakit selama 3 hari. Setelah minum obat penghilang rasa sakit di tenggorokan dan menghindari makan makanan manis, lendir itu masih ada di dalam tenggorokan saya. Saya sampai bingung bagaimana caranya menghilangkan lendir tersebut. Semoga Dokter dapat mengatasi masalah saya ini. :)

    Jennifer Claudia  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Jennifer, Batuk berdahak merupakan kondisi dimana terdapat lendir pada tenggorokan yang keluar pada saat batuk. Batuk sendiri adalah suatu mekanisme alami untuk membersihkan dahak dari saluran pernafasan. Obat batuk secara umum dibedakan menjadi 2, yaitu :

    • obat batuk berdahak/ ekspektoran --> untuk mengencerkan dan mengeluarkan lendir
    • obat batuk tak berdahak/ antitusif --> untuk meredakan/ menekan batuk
    Untuk Anda, disarankan memilih obat batuk ekspektoran untuk mengurangi gejala, dan kerena telah berlangsung selama 2 minggu, sangat disarankan Anda memeriksakan diri ke dokter karena  besar kemungkinan telah terinfeksi bakteri sehingga membutuhkan penanganan dengan antibiotik dan obat antiperadangan. Anjuran untuk mengurangi keluhan batuk Anda di rumah adalah :
    • makan dengan menu sehat dan teratur
    • hindari makanan yang terlalu pedas karena dapat menambah produksi dahak
    • minum air minimal 2 liter per hari
    • istirahat cukup
    • kumur dengan air garam tiga kali sehari
    Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto

    • Selamat malam, Dok. Terima kasih sudah jawab pertanyaan saya sebelumnya. Setelah saya melihat jawaban Dokter tersebut, saya minum obat yang sesuai untuk penyakit saya waktu itu. Saya minum obat anti peradangan untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan dan Obat Batuk Cap Ibu dan Anak untuk meredakan batuk berdahak (menghilangkan batuk dan lendir-nya). Obat Batuk Cap Ibu dan Anak adalah obat tradisional. Saat ini, tenggorokan saya tidak sakit, tapi lendir-nya masih ada sedikit di dalam.
    1) Dok, apa mungkin lendir di dalam tenggorokan saya belum hilang semua karna cara kerja Obat Batuk Cap Ibu dan Anak yang lambat? 2) Apa saya harus minum antibiotik supaya tenggorokan saya terbebas dari lendir di dalam ini? 3) Produk antibiotik apa yang cocok dan aman untuk menghilangkan lendir di tenggorokan saya ini? 4) Berapa dosis obat antibiotik tersebut? 5) Kapan obat antibiotik tersebut diminum (sebelum, saat, atau sesudah makan)? 6) Apakah obat antibiotik tersebut ada efek samping-nya? Kalau iya, bisa Dokter jelaskan efek samping-nya? 7) Apakah obat antibiotik tersebut mudah di-dapatkan di seluruh apotik? 8) Berapa harga obat antibiotik tersebut?   Mohon dijawab. Terima kasih. :)