Tanya Dokter

  • Penyebab sering mual muntah ketika hamil muda

  •  nurla
    Anggota
    Halo dok saya sekarang hamil muda, sering mual dan muntah. Semenjak hamil di hidung saya selalu ada lendir dan membuat saya tidak nyaman serta selalu ingin meludah, hal ini juga membuat saya selalu merasa mual. Kenapa bisa begini dan bagaimana cara mengobatinya?

    Halo Nurla,

    Selamat atas kehamilannya ya.

    Memang banyak penyesuaian yang akan dijalani oleh seorang wanita saat hamil, baik itu penyesuaian tubuh (fisik), maupun penyesuaian psikis (jiwa). Ibu hamil memang akan lebih sensitif terhadap bau-bauan, misalnya bau parfum, asap rokok, hal ini terkadang akan menimbulkan beberapa reaksi pada tubuh, yang dapat bersifat individual yaitu gejala yang dapat berbeda pada tiap individu. Salah satu efek yang mungkin muncul akibat sensitif terhadap bau ini adalah munculnya lendir pada hidung, mual. Upaya yng dapat Kamu lakukan untuk mengurangi keluhan adalah menghindari faktor pencetus, misalnya hindari berbagai bau-bauan, bila perlu gunakan masker.

    Selain menghindari faktor pencetus, menjaga daya tahan tubuh agar tetap prima merupakan hal yang juga perlu dilakukan. Istirahat lah yang cukup, hindari begadang, konsumsi makanan kaya nutrisi, makan dalam porsi kecil tetapi sering,perbanyak minum, asupan buah dan sayur.

    Apabila keluhan Kamu sampai mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya periksakan diri ke Dokter ya, agar dapat dilakukan evaluasi dan diberi penanganan yang sesuai.

    Artikel berikut dapat menambah wawasan:

    Menjaga Kehamilan Muda

    Semoga bermanfaat,

    dr. Annes