Tanya Dokter

  • lendir keputihan menggumpal seperti ingus berwarna hijau

  • Nyuwun sewu dok,saya ikut suntik KB yg 3bln kurng lbih 5th.sudah 4 bulan terakhir ini saya berhenti suntik.tapi sampai sekarang saya belum menstruasi.sekian hari saya menggunakan pantiliner dr Avail,lendir keputihan saya kok sering menggumpal seperti ingus berwarna hijau dan kadang menggumpalnya warna putih ya dok?apakah itu dampak dari suntik KB terlalu lama dok?terima kasih sebelumnya dok..

    Hello, Setiap individu memiliki waktu yang berbeda-beda dalam mendapatkan siklus menstruasinya kembali setelah menjalani injeksi KB, namun rata-rata mereka akan mendapatkan haidnya kembali dalam kurun waktu 6-18 bulan setelah mendapatkan suntikan terakhir. Penggunaan panty liner yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya keputihan karena panty liner dapat meningkatkan kelembaban dan menurunkan sirkulasi udara di sekitar organ intim. Sesungguhnya keputihan merupakan proses normal yang terjadi sebagai akibat proses pengeluaran bakteri dan sel mati dari rongga vagina keluar tubuh. Namun, sebagai proses yang abnormal, selain dapat disebabkan karena buruknya higienitas dari organ intim, dapat juga disebabkan oleh :

    1. Infeksi jamur
    2. Infeksi penyakit menular seksual
    3. Infeksi trikomonas
    4. Infeksi virus
    5. Kanker
    6. dan lainnya
    Tingkatkan kebersihan organ intim Anda dengan melakukan tips sebagai berikut:
    1. Cuci organ intim dengan menggunakan air hangat dan sabun yang tidak mengandung zat kimia keras
    2. Cuci dengan 1 arah dari depan ke belakang
    3. Gunakan celana dalam yang berbahan katun
    4. Ganti celana dalam setiap kali basah dan minimal 1 kali sehari
    Jika keputihan Anda tetap terjadi dalam 3 hari, maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter guna mendeteksi adanya kelainan lain yang dapat mendasari gejala tersebut. Berikut adalah laman yang membahas mengenai keputihan yang abnormal dan cara untuk meningkatkan kebersihan organ intim: http://www.alodokter.com/tanda-tanda-ketidaknormalan-cairan-vagina http://www.alodokter.com/memahami-kesehatan-dan-kebersihan-organ-intim-anda Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean