Tanya Dokter

  • Penyebab lendir sperma bercampur darah

  •  rahmawati22
    Anggota
    selamat sore dok. saya mau tanya, beberapa hari yang lalu saya berhubungn dengan suami saya. tetapi vagina saya tiba tiba keluar darah dan kemudian lendir sperma suami saya bercampur darah. apakah darah yang bercampur sperma dr suami saya itu karena masuknya darah saya ke suami saya karena saya berhubungan? atau ada faktor lain dok? kalau itu terjadi karena masuknya darah saya ketika berhubungan apakh berbahaya dok? apa yang sebaiknya suami saya lakukan?

    Halo rahmawati......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sebenarnya yang perlu kita fokuskan disini adalah pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual ( adanya pendarahan pada vagina sebenarnya sangatlah kecil berpengaruh pada kesehatan pasangan Anda ). Pendarahan pada vagina setelah berhubungan seksual yang Anda alami sebenarnya paling sering disebabkan oleh karena wanita sedang memasuki masa - masa menstruasi.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, pendarahan setelah berhubungan seksual dapat juga disebabkan oleh : gesekan selama berhubungan seksual, kurangnya cairan lubrikasi, ektropion serviks, peradangan pada serviks, luka akibat infeksi menular seksual seperti herpes atau sifilis, cedera pada lapisan rahim, peradangan pada vagina, polip yang tumbuh di leher rahim, kanker serviks.

    Jika hal ini hanya satu kali Anda alami, maka Anda tidak perlu khawatir berlebih. Akan tetapi jika pendarahan terus saja terjadi pada saat Anda melakukan kegiatan berhubungan seksual, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG khusus obsgyn, pap smear, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati