Tanya Dokter

  • lendir vagina berwarna merah seperti lendir saat haid

  • Malam dok.. Saya ibu rt berusia 45thn. Selama ini tidak mengalami keputihan abnormal. SeKitar 1thn yg lalu saya mengalami keputihan yg berbusa, bau, gatal dan vagina terasa panas. Dan sy obati dgn rebusan daun sirih+yg lainnya, keputihannya berkurang, baunya amisnya berubah seperti bau jamur , tapi gatalnya sesekali menggigit2 dan rasa panas di vagina masih terasa. Sekarang, sudah 5 hari keluar lendir sprti lendir pada saat haid. Jumlahnya tidak banyak. Dalam kegiatan sehari2 tdk sampai nempel di celana dalam. Tapi keluar pas lama jongkok di kamarmandi. Penyakit apakah yg saya alami? Apakah termasuk PMS? Pengobatannya?

    Terimakasih atas perhatiannya,

    Halo,

    Keputihan yang sudah menimbulkan keluhan seperti berbau, berubah warna, gatal, ada darah merupakan keputihan yang tidak normal. Hal tersebut mengindikasikan adanya infeksi. Tetapi apakah penyebab infeksinya? Hal inilah yang harus dicaritahu. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan darah dan urin. Bila diperlukan dokter akan melakukan pemeriksaan usapan lendir vagina.

    Keputihan yang disertai darah memang paling umum disebabkan oleh penyakit menular seksual seperti klamidia atau gonore. Terapi yang tepat untuk mengobati hal tersebut adalah dengan pemberian antibiotik yang masih sensitif terhadap kuman tersebut. Selain itu obat juga harus dikonsumsi berdasarkan resep dokter untuk mencegah terjadinya resistensi. Tetapi selain hal di atas, Anda perlu juga mewaspadai adanya keganasan. Karena salah satu tanda keganasan adalah munculnya keluhan lendir coklat atau bercampur dengan darah.

    Jadi jangan tunda lagi untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan terdekat agar mendapatkan penanganan sesegera mungkin.

    Silahkan membaca artikel berikut tentang tanda-tanda ketidaknormalan cairan vagina

    Semoga dapat membantu,

    dr. Tri