Tanya Dokter

  • Waktu yang tepat untuk hamil kembali pasca operasi caesar

  • Siang dong, saya yolanda umur 26, sudah menikah 3 tahun, baru lepas KB 5 bulan ke belakang. 1 tahun sblmnya melahirkan proses caesar. Pertanyaannya 1 apakah sudah aman untuk merencanakan kehamilan kembali? 2 menstruasi setelah lepas KB jadi teratur setiap bulan, namun volumenya sedikit dari sebelum hamil dan di KB. Apakah itu normal? Trms dok sebelumnya.

    Halo Pratiwi yolanda, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Mengatur jarak antara kehamilan memang sangat penting untuk dilakukan, terutama pada wanita yang melahirkan dengan jalan operasi sesar (SC). Wanita yang melahirkan dengan cara SC, disarankan untuk menunggu setidaknya 6 bulan untuk hamil kembali, namun menunggu hingga setidaknya 1 tahun akan lebih baik karena luka bekas operasi di rahim akan sudah lebih menyembuh dan risiko terjadinya sobek pada rahim lebih kecil. 

    Penelitan menunjukkan bahwa jarak antara kehamilan yang paling baik adalah 18-24 bulan namun kurang dari 5 tahun. Sementara pada wanita lebih dari 35 tahun, mengingat tingginya risiko kehamilan pada usia ini, disarankan untuk menunggu sekitar 12 bulan sebelum memutuskan untuk hamil kembali.

    Jarak kehamilan di bawah 18 bulan memiliki risiko tersendiri. Beberapa hal yang meningkat risikonya pada kehamilan dengan jarak di bawah 18 bulan antara lain:

    1. Berat badan lahir rendah
    2. Berat janin rendah dibandingkan usia kehamilan
    3. Kelahiran prematur
    4. Abrubsi plasenta atau plasenta lepas dari dinding rahim sebelum persalinan
    5. Kelainan kongenital atau cacat lahir tertentu
    6. Autisme

     

    Menstruasi paska penggunaan KB hormonal memang bisa jadi berbeda dengan menstruasi sebelumnya, tergantung pada jenis KB hormonal yang anda gunakan. Menstruasi bisa kembali segera setelah melepas KB atau beberapa minggu setelahnya, menjadi tidak teratur selama beberapa bulan, perdarahanan menjadi lebih banyak atau lebih sedikit, siklus menjadi lebih panjang atau lebih pendek, nyeri menstruasi yang dirasakan juga bisa jadi lebih menghilang atau justru lebih nyeri. Efek tersebut bisa berbeda-beda pada setiap wanita. Selama perdarahan yang anda alami masih berkisar antara 30-80 ml setiap harinya (bukan hanya flek saja), maka kemungkinan kondisi yang anda alami masih normal.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia