Tanya Dokter

  • Program hamil setelah lepas KB 1 bulan

  • Selamat malam dokter. Saya yolanda umur 26, sudah menikah 3 tahun, baru lepas KB 5 bulan ke belakang. 1 tahun sblmnya melahirkan proses caesar. Pertanyaannya 1 apakah sudah aman untuk merencanakan kehamilan kembali? 2 menstruasi setelah lepas KB jadi teratur setiap bulan, namun volumenya sedikit dari sebelum hamil,Apakah itu normal? 3 apakah tingkat menstruasi banyak atau tidaknya menentukan seseorang itu subur atau tidak?terimakasih dokter saya tunggu jawabannya ☺

    Yolanda yang baik,

    merencanakan kehamilan tentunya lebih dari sekedar mempertimbangkan berapa jumlah keturunan yang ingin dimiliki atau kontrasepsi apa yang tepat digunakan. Ada pula pertimbangan-pertimbangan mengenai kesehatan sang ibu dibaliknya. Jarak kehamilan yang terlalu dekat tentunya dapat membawa risiko negatif baik bagi ibu dan anaknya. Bagi sang ibu, jarak kehamilan yang terlalu dekat tidak memberi kesempatan bagi organ reproduksi untuk pulih dan siap kembali untuk hamil. Sementara bagi bayi yang dikandungnya, jarak kehamilan yang terlalu dekat dapat berisiko melahirkan prematur, anak juga berisiko memiliki gangguan menta seperti autisme bahkan skizofrenia. Penelitian menganjurkan untuk menunda kehamilan setidaknya hingga 2 tahun pasca kelahiran terakhir, namun tidak lebih dari 5 tahun. 

    Mengenai pertanyaan menstruasi, jelas kontrasepsi terutama yang hormonal akan mempengaruhi siklus menstruasi beserta karakteristik menstruasinya. Normalnya menstruasi akan berlangsung selama 3-7 hari dengan total darah yang keluar selama menstruasi berkisar antara 10-35 mililiter. Perdarahan dapat menjadi lebih banyak misalnya oleh karena pengaruh kontrasepsi yang mengandung estrogen, adanya kelainan pembekuan darah, ataupun adanya masalah pada organ reproduksi. Jumlah darah yang keluar sendiri tidak secara langsung menentukan subur tidaknya seseorang karena jumlah darah yang keluar dipengaruhi oleh banyak hal. Untuk mengetahui kesuburan seorang wanita, sejatinya harus diperiksakan kualitas sel telur dan fungsi organ reproduksi secara keseluruhan. Ini bisa Anda peroleh dengan memeriksakan diri pada dokter kandungan. Berikut kami lampirkan artikel mengenai menstruasi tidak normal. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief