Tanya Dokter

  • Mengatasi luka akibat penyakit lepra yang tak kunjung sembuh

  •  Agusr
    Anggota
    Dok mau tanya , bapak saya kena lepra udah minum obat selama 1 tahun dan setelah itu di periksa di rscm di nyatakan udah sembuh dan tinggal ngerawat bekas lukanya.. Setelah itu bapak saya bisa beraktifitas seperti biasa tapi dengan pakai kaos tangan dan sepatu bod ... tapi sekarang luka di kaki kambuh dan lukanya tidak sembuh sembuh dan kakinya bengkak .. dan tidak bisa lagi beraktifitas seperti biasanya .mohon penjelasannya harus bagaimana dok

    Halo Agusr.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, penyakit kusta masih memiliki kemungkinan untuk kambuh kembali, sehingga diperlukan pemantauan secara berkala agar cepat terdeteksi dan diterapi dengan baik.

    Angka kejadian kekambuhan kusta adalah sekitar kurang lebih 3%. Kriteria kambuhnya penyakit kusta adalah : terdapatnya luka atau kelainan kulit baru, terdapat kelainan kulit lama yang kembali muncul, indeks bakteriologis positif yang ditemukan dari pemeriksaan basil tahan asam atau biopsi kulit.

    Setelah pasien dinyatakan sembuh, pemantauan yang di sarankan adalah 5 tahun sampai dengan 10 tahun berikutnya dengan berkunjung ke dokter untuk diperiksa ada atau tidaknya kemungkinan kambuh.

    Solusi yang terbaik untuk bapak Anda adalah dengan menemui dokter yang telah menangani lepra bapak Anda, sehingga dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, dan akhirnya segala sesuatu nya terang dan jelas, dan penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    LEPRA / KUSTA

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati