Tanya Dokter

  • Pengobatan leukemia stadium 1

  •  Dwi Wanty
    Anggota

    Hallo dokter... selamat mlm... ini sya chriswanty,usia saya 25thn... saya hmpir seminggu sekali,kadang tiap hari jika kepala pusing sering mimisan,dan 4bln yg lalu,saya kemoterapi,dan mkn biaya yg mahal,kta dokter sya stadium 1 leukimia... yg jadi pertanyaan... apakah saya bisa sembuh dokter,,,dengan cara apa saya bisa sembuh... krna wktu kemo... sya sempat lumpuh dok..

    Terimksh.

    Halo, Leukemia adalah suatu keganasan yang terjadi pada sel darah, atau dapat disebut juga kanker darah. Leukemia adalah jenis keganasan pada sel darah yang paling sering terjadi, dan menyerang orang dewasa 10 kali lebih banyak daripada pada anak-anak. Kebanyakan orang didiagnosis dengan leukemia pada umur lebih dari 50 tahun. Pada orang dengan leukemia, sumsum tulang yang merupakan tempat produksi sel darah, memproduksi sel darah putih abnormal, yang disebut sel leukemia. Ada empat jenis leukemia yang diderita oleh orang dewasa. Dua diantaranya kronik, yang berarti tingkat perburukannya berlangsung dalam waktu lama, sedangkan dua diantaranya akut, yaitu memburuk dalam waktu singkat:

    • chronic lymphocytic leukemia
    • chronic myeloid leukemia
    • acute myeloid leukemia
    • acute lymphocytic leukemia
    Leukemia akut biasanya perlu segera ditangani. Akan tetapi terdapat berbagai jenis leukemia akut, beberapa merespon terapi dan bisa disembuhkan pada kasus tertentu, sedangkan jenis leukemia lainnya sulit ditangani. Pengobatan untuk leukemia kronis dapat mengendalikan penyakit dan gejalanya, dan terdapat berbagai metode pengobatan terbaru yang sedang dikembangkan, yang memberikan kemungkinan peningkatan tingkat survival. Terdapat juga beberapa metode pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi CML yang dapat mengendalikan penyakit dalam waktu yang lama. Berikut metode pengobatan yang dapat dilakukan:
    • Kemoterapi
    • Radioterapi
    • Transplantasi sumsum tulang
    Kemoterapi. Pada ALL, dengan kemoterapi, sekitar 80% orang dewasa mencapai remisi lengkap dan sepertiganya mengalami harapan hidup jangka panjang. Pada AML, angka remisi mencapai 50-75%, angka rata-rata hidup masih 2 tahun. Terapi untuk CLL jarang mencapai kesembuhan. Angka ketahanan hidup rata-rata adalah sekitar 6 tahun dan 25% pasien dapat hidup lebih dari 10 tahun. Radioterapi Radioterapi menggunakan sinar berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel leukemia. Transplantasi sumsum tulang Transplantasi sumsum tulang dilakukan untuk mengganti sumsum tulang yang rusak dengan sumsum tulang yang sehat. Pada CML, hasil terbaik dengan keberhasilan 70 -80% tercapai dengan transplantasi kurang dari 1 tahun setelah  terdiagnosis. Untuk menentukan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter penyakit dalam, atau dengan subspesialis hemato-onkologi. Dokter akan membantu Anda menentukan pengobatan yang tepat. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha