Tanya Dokter

  • Penyebab leukosit rendah

  •  lina susanna
    Anggota
    selamat pagi, dokter saya mau tanya ttg leukosit rendah. Suami saya sdh 2 tahun stroke dan mengkonsumsi obat hipertensi (amlodipin 10,bisoprolol 2,5 ibesartan 300), obat antikejang(penitoin 100),obat pengencer darah(clopidogrel 75) dan vit..otak(citicolin 500) Ketika test darah semua baik kecuali leukosit yg hanya 3400 dan hdl 38. Tetapi dokter syaraf yg memeriksa suami saya mengatakan itu tidak apa2. Perlu saya tambahkan jg ketika test darah 6 bulan yl leokosit masih 3800. Saya ingin minta pendapat dokter tentang hal ini apakah sependapat dengan dokter syaraf yg memeriksa suami saya. Saya takut suami saya rentan thd penyakit walau saat ini tidak menunjukan gejala apa apa. Mohon jawabannya. Terimakasih

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter

     

    Leukosit atau sel darah putih adalah sel yang berperan sebagai sistem pertahanan tubuh manusia dalam melawan infeksi.

    Kadar sel darah putih yang normal berada pada rentang 4000 sampai 10.000 uL. Penurunan kadar leukosit di bawah 4000 uL dalam dunia medis disebut dengan leukopenia.

    Sejauh ini penurunan kadar leukosit yang dialami suami anda jumlahnya tidak signifikan. 

    Apabila penurunan jumlah leukosit tersebut tidak disertai gejala lainnya maka kemungkinan dokter spesialis saraf yang menanganai suami anda telah memberikan penilaian yang sesuai dengan kondisinya.

    Pengunaan beberapa obat antihipertensi dan obat antikejang memang dapat menyebabkan penurunan jumlah leukosit.

     

    Berikut artikel terkait PENYEBAB LEUKOSIT RENDAH

     

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Natalia