Tanya Dokter

  • Leukosit dan trombosit tinggi

  •  Rintan Pn
    Anggota
    Selamat malam.dok.. Sebulan yang lalu saya dirawat akibat leukosit dan trombosit nya tinggi .. namun dokter yang menangani saya saat itu tidak memberi tau saya Apa yang harus saya lakukan dan hindari .teruma pada makanan apa saja ya dok yang perlu dihindari pada penderita ini.agar Leukosit dan trombosit nya tetap Normal terus..terima kasih

    Halo Rintan.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa leukosit atau sel darah putih dapat mengalami peningkatan karena diakibatkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : infeksi, masalah pada Sumsum tulang seperti leukimia, adanya proses Peradangan pada tubuh, penggunaan obat - obatan tertentu yang memicu hal ini, penyakit autoimun, stres fisik seperti olahraga berat ataupun kejang, dan lain sebagainya.

    Sedangkan peningkatan trombosit atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai trombositosis, dapat dipicu oleh karena : anemia atau penurunan kadar zat besi dalam darah, gangguan pada produksi trombosit, infeksi Peradangan yang sedang berlangsung seperti Tuberkulosis / TBC dan peradangan pada usus, setelah aktivitas fisik yang berlebih.

    Sebenarnya jika peningkatan leukosit dan trombosit disebabkan oleh karena infeksi atau Peradangan akut, maka trombosit ataupun Leukosit akan turun dengan sendirinya setelah penyakit ataupun infeksi telah hilang dari tubuh.

    Untuk menghindari terkena kembali suatu infeksi atau penyakit, maka cara yang paling sederhana adalah dengan melakukan pola hidup sehat, seperti :

    • Makan makanan yang sehat dan bergizi tepat waktu.
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.
    • Perbanyak makan buah dan sayur.
    • Kelola stress psikologis.
    • Tidur dan istirahat yang cukup.
    • Olahraga teratur sesuai dengan kemampuan.
    • Stop merokok dan jangan minum minuman keras.

     

    Kami tetap menyarankan kepada Anda untuk segera menemui dokter apabila kondisi kesehatan Anda menurun, Agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, Dan akhirnya penanganan tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    LEUKOSITOSIS

    TROMBOSITOSIS

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati