Tanya Dokter

  • Sudah lewat tanggal perkiraan lahir dan belum ada kontraksi

  •  syela
    Anggota

    Dok,saya mau tanya, saya syela,usia 27th,hamil anak pertama,jauh dari suami,usia kandungan saya sudah 39minggu masuk minggu ke 40, tgl terakhir haid 1 okt 2014, dari hasil usg dokter bilang tp 28 juni 2015, sedangkan tp bidan tgl 8 juni 2015,sekarang sudah tgl 3 juli.. Dan belum ada tanda2 mau melahirkan.. Bagaimana solusinya dok,saya berharap dapat melahirkan secara normal,mengingat biaya caesar yg mahal,saya merasa cemas.. Mohon jawabannya dokter.terimakasih.

    Hai, Taksiran persalinan dapat dihitung berdasarkan pemeriksaan USG (ukuran janin) maupun berdasarkan hari pertama haid terakhir (HPHT). Taksiran persalinan berdasarkan HPHT didapat dengan perhitungan: (hari+7), (bulan-3), (tahun+1). Dengan perhitungan tersebut, jika HPHT Anda jatuh pada tanggal 1 Oktober 2014 maka taksiran persalinan Anda adalah 8 Juli 2015. Dapat terjadi perbedaan taksiran persalinan antara pemeriksaan USG dan perhitungan HPHT, namun umumnya tidak terpaut jauh. Taksiran persalinan memperkirakan kelahiran terjadi pada usia kehamilan 40 minggu. Normalnya persalinan terjadi pada usia kehamilan 37-42 minggu, artinya persalinan dapat terjadi mundur/maju dari taksiran, namun selama persalinan masih terjadi dalam rentang usia kehamilan tersebut maka masih berada dalam batas normal. Saat ini Anda berada dalam usia kehamilan 39-40 minggu, dan masih dalam rentang normal usia kehamilan untuk terjadinya persalinan. Pada kehamilan pertama umumnya persalinan dapat terjadi hingga pada usia kehamilan 41-42 minggu. Bila persalinan tidak kunjung terjadi pada usia kehamilan 42 minggu, dokter akan menawarkan usaha terminasi (mengakhiri kehamilan dan melahirkan bayi), mengingat resiko yang semakin meningkat bagi bayi dan ibu. Persalinan masih dapat ditempuh dengan cara normal, yaitu dengan induksi persalinan. Namun bila ada penyulit maupun indikasi lain yang menyebabkan ibu tidak dapat melahirkan secara normal, Dokter akan menganjurkan operasi Caesar/SC. Penjelasan selengkapnya dapat Anda baca pada laman diskusi dengan topik serupa berikut ini:

    Dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan Dokter secara teratur, terutama pada minggu-minggu menjelang persalinan. Dengan kontrol yang teratur akan dapat memantau kondisi bayi dan ibu dengan baik, sehingga kemungkinan adanya kelainan ataupun penyulit persalinan dapat segera terdeteksi dan ditangani secara tepat dan cepat. Berikut laman yang memuat artikel dengan topik terkait: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman