Tanya Dokter

  • lidah berbentuk pulau

  •  Tono Rooney
    Anggota

    Dok, mau tanya agustus lalu lidah saya berbntuk 1 pulau dbagian kanan bawah. Dengan warna merah bersih dan dikelilingi putih" yg kmudian melebar kurang lebih 1cm. Itu timbul setelah saya makan dwarung. Dan sembuh kurang dari 2 minggu. Namun bulan september muncul lagi setelah makan diwarung ditempat berbeda dan sembuh kurang dari 2 minggu. Sebenarnya apa yang terjadi dok?

    Tono Rooney  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Pak Tono, Kondisi tersebut dalam dunia medis dikenal dengan istilah Geographic tounge / benign migratory glossitis. Pada dasarnya masalah ini tidak berbahaya, tidak menyebabkan masalah kesehatan, tidak disebabkan infeksi ataupun keganasan/kanker. Akan tetapi diketahui bahwa pasien dengan psoriasis dan fissure tounge / lidah pecah-pecah lebih sering mengalami kondisi ini. Penyebab pasti kondisi ini tidak diketahui. Akan tetapi umum dijumpai geographic tounge yang terjadi berulang setelah sebelumnya sembuh. BIasanya tidak perlu pengobatan dan akan hilang dengan sendirinya. Jika maslaah ini menimbulkan rasa tidak nyaman atau sensitivitas yang berlebihan (hingga menyebabkan nyeri) makan dapat digunakan pereda nyeri sederhana seperti parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat. Menggunakan obat kumur antiseptik atau yang mengandung anestesi lokal dapat membantu, pemakaian kortikosteroid kontroversial. Multivitamin dapat diberikan. Beberapa yang perlu dihindari antara lain :

    • Rokok, kopi, alkohol
    • Makanan yang pedas, berempah dan asin
    • Menghindari pasta gigi yang mengandung agen pemutih gigi dan yang mengandung pengontrol karang gigi
    Jika anda ragu anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk lebih memahami mengenai kondisi yang anda alami. kelainan lidah demikian yang dapat saya sampaikan, smeoga bermanfaat.