Tanya Dokter

  • Penyebab lidah putih

  •  thanos22
    Anggota
    Dok saya mau nanya lidah saya putih dan terdapat serpihan kecil kecil dan tidak bisa hilang saya takutnya jamuran dok Tapi setau saya jamuran tuh sakit dok lidahnya Pertanyaan saya adalah lidah saya kenap ya dok?

    Halo Thanos, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Lidah putih dapat merupakan tanda medis dari kondisi yang ringan ataupun sesuatu yang serius. Adapun beberapa hal yang dapat dipikirkan terjadinya sariawan adalah sebagai berikut: 

    1. Adanya cedera pada lapisan atau selaput lendir pada mulut. Cedera saat gosok gigi, atau saat makan makanan dengan tekstur yang keras, atau makanan yang terlalu panas atau dingin juga dapat menyebabkan terjadinya cedera. 
    2. Adanya tanda kekurangan zat besi, vitamin C atau vitamin B12. Kondisi ini dapat disebabkan oleh kurangnya asupan dari mikronutrien tersebut atau karena adanya gangguan penyerapan akibat gangguan pencernaan
    3. Adanya gangguan lambung seperti penyakit asam lambung atau peradangan lambung yang dikenal sebagai gastritis
    4. Kurangnya cairan dalam tubuh. 
    5. Adanya infeksi virus
    6. Adanya efek samping penggunaan obat-obatan tertentu. 
    7. Adanya perubaha hormonal
    8. Penggunaan pasta gigi tertentu
    9. Adanya kondisi psikologis tertentu atau stres
    10. Adanya infeksi jamur. Namun, kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang dengan kondisi imun tubuh yang sangat drop misalnya pada infeksi HIV ataupun pada kanker. 
    11. Adanya kondisi gigi geligi yang mengganggu aktivitas mengunyah

    Pada kasus Anda dimana terjadi lidah putih dapat dipikirkan kondisi-kondisi di atas. Namun, dapat juga adanya kemungkinan lainnya.  Dengan demikian, dapat dilakukan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda demi mencegah terjadinya komplikasi lebih lanjut. 

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi