Tanya Dokter

  • Lidah asam dan berwarna putih tebal

  • Hallo Dok, selamat malam saya mau bertanya. Sudah hampir seminggu ini saya merasakan lidah saya asam dan berwarna putih tebal. Sebelum mengalami ini saya sakit Disentri, setelah berobat dan sembuh sekarang malah lidah saya berwarna putih tebal dan berasa asam. Minta penjelasannya kenapa dan obat apa yang direkomendasikan. Untuk jenis obat saya alergi "sulfa". Terimakasih.
    Anggara J Wahyudi  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Anggara J,

    Lidah yang berwarna putih dan terasa asam dapat dipicu oleh beberapa hal seperti misalnya:

    • Gangguan saluran pencernaan seperti penyakit asam lambung, infeksi usus, mual dan muntah yang sering dan banyak, pola makan yang kurang baik, refluks empedu
    • Masalah pada gigi dan rongga gigi seperti hygiene yang kurang terjaga baik
    • Efek makanan atau minuman tertentu
    • Efek konsumsi obat tertentu
    • Infeksi saluran pprnapasan karena dapat membuat lidah tidak dapat mengenali rasa dengan baik

    Lidah putih sendiri dapat disebabkan oleh iritasi, kebiasaan merokok, kebiasaan minum minuman beralkohol, infeksi jamur, gangguan kekebalan tubuh, ataupun akibat gangguan yang tidak diketahui penyebabnya seperti kondisi geographic tongue.

    Jika keluhan lidah putih dan asam disertai gejala lain seperti mual dan muntah, menetap dalam beberapa minggu, maka perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk menentukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat. Untuk itu tetap perhatikan kebersihan gigi dan rongga mulut, minum cukup cairan, makan dengan teratur, menjaga asupan nutrisi, hindari makanan berlemak, pedas, dan konsumsi kafein berlebih.

    Disentri sendiri merupakan infeksi bakteri shigella yang menimbulkan disentri basiler ataupun parasit Entamoeba histolytica yang menimbulkan disentri amoeba. Gejalanya adalah berupa diare disertai darah atau lendir, mual, muntah, kram perut dan juga perdarahan pada saluran cerna. Disentri sendiri juga dapat mempengaruhi  nafsu makan sehingga jika pola makan kurang baik dapat memicu peningkatan asam lambung yang juga dapat naik sampai ke kerongkongan dan membuat lidah terasa asam.

    Penanganannya sendiri adalah dengan minum lebih banyak cairan untuk menghindari dehidrasi, mengonsumsi makanan padat, menghindari makanan pedas, berlemak dan bersantan, dan juga terapi antibiotik dari dokter untuk mengeliminasi bakteri atau parasit yang menjadi penyebabnya.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.