Tanya Dokter

  • Cedera ligamen pada bagian lutut, masih bisakah berolahraga?

  • Dok, ketika seseorang yang berolahraga terkena ligamen lutut, apakah orang tersebut masih bisa berolahraga seperti semula dan apakah bisa sembuh total? Terima kasih dok

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Cedera lutut memang merupakan suatu hal yang cukup wajar untuk terjadi pada seseorang yang sering berolahraga atau atlet. Ketika terjadi cedera pada lutut, seseorang dapat merasakan nyeri, timbul memar atau bengkak. Ketiga hal tersebut dapat diderita seseorang selang beberapa menit setelah seseorang mengalami cedera lutut. Penyebab rasa sakit umumnya disebabkan oleh kondisi terjepitnya jaringan saraf atau rusaknya pembuluh darah. Selain itu bisa timbul mati rasa pada kaki bagian bawah.

    Cedera ligamen lutut ini tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Bila tidak ditangani dengan benar dan cepat kemungkinan besar akan bersifat permanen dan membutuhkan tindakan operasi untuk mengembalikan sekitar 80% dari fungsi semula. Dengan kata lain tidak akan sama sepenuhnya dengan sebelum terjadi cedera.

    Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempercepat pemulihan adalah:

    1. Kompres lutut dengan kain untuk mengurangi bengkak. Bisa ditambahkan dengan es batu yang dibungkus plastik/handuk tipis untuk mengurangi bengkak. Tempatkan kompres selama 20-30 menit tiap empat jam sekali
    2. Istirahatkan lutut
    3. Saat berbaring, naikan lutut diatas bantal
    4. Kenakan pelindung lutut untuk mencegah cedera lebih lanjut
    5. Terapi fisik atas anjuran dari dokter

    Jadi sebaiknya bila belum terjadi cedera pada ligamen lutut, lakukanlah pencegahannya seperti pemanasan setiap kali berolahraga, melakukan peregangan dan latihan kekuatan secara teratur, dan hindari menambah intensitas olahraga secara tiba-tiba.

    Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

    dr. Winda Indriati