Tanya Dokter

  • Penyebab linglung dan tak kenal keluarga dekat

  •  AdhamCm
    Anggota

    Halo Dok, Ibu mertua saya (55 th) sedang tidur, tiba-tiba terbangun dan linglung kemudian menangis sebentar menyebut nama almarhum nenek kemudian linglung lagi jalan keliling dalam rumah, beliu menyebutkan nama anaknya dan Minta diantar ke rumah ananknya, padahal itu sudah di rumah anaknya, dan saat itu kami sekeluarga juga lengkap ada di rumah, beliau tak mengenal suami dan anaknya. hal tersebut hanya berdurasi 10-25 menit saja, setelah itu dia tersadar dan tak tau apa yang sudah beliau lakukan, seingat beliau, beliau sedang tertidur tadinya. kejaian ini sudah beberapa kali terjadi, awalnya saat almarhum nenek mmeninggal ahir tahun 2015 Silam, dan saat ini terjadi lagi kemarin 2 kali kejadian seperti itu

    Penyakit apakah yang sedang dialami beliau?

    Halo,

     

    Mengingat  usia ibu mertua ada baiknya Anda mengajak keluarga untuk memeriksakan kondisi ibu ke dokter spesialis syaraf untuk pemeriksaan lebih jauh.

    Kondisi yang ibu mertua Anda alami bisa saja merupakan gejala awal dari =

    1. dementia = penyakit degenerative dimana terjadi gangguan fungsi otak dalam hal mengingat dll (dikenal dengan istilah pikun pada awam).
    2. Gejala awal alzheimer.
    3. Parkinsonism.
    4. Stress.
    5. Parasomnia = confusional arousal = gangguan tidur dimana seseorang terbangun dari tidur dalam secara tiba tiba dan mengalami kebingungan dalam menerima input dari luar kemudian tertidur kembali dan penderita akan lupa mengenai periode bangun bingungnya tersebut.

    Dengan pemeriksaan medis seperti EEG, MRI, CT SCAN, tes darah dll maka dokter bisa menyimpulkan kemungkinan penyeban kondisi ibu mertua Anda. Dan tentu dengan mengetahui lebih dini maka perjalanan penyakit (perburukan gejala) bisa diobati sedini mungkin.

    Seringlah mengajak ibu Anda berbicara dan melakukan aktivitas kegiatan otak seperti bermain puzzle, tts, sudoku dll.

    Lakukan pemeriksaan untuk mengetahui lebih lanjut kondisi ibu Anda.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi