Tanya Dokter

  • Benjolan pada bagian tulang belakang

  •  Qyhhhhh
    Anggota

    doc, sy mempunyai 1 benjolan di  bahagian belakang badan sekitar tulang belakang. itu lipoma atau kelenjar bening doc, saya risau kelenjar bening. Tapi ia seperti lipoma kerana bukan berada di tempat biasa kelenjar bening bengkak. giamana ya doc

    Hallo Qyhhhh, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Sebelumnya yang ingin saya tanyakan, sejak kapan keluhan tersebut timbul ? bagaimana karakteristik benjolan tersebut ? apakah benjolan memiliki konsistensi yang lunak atau keras ? apakah benjolan dapat digerakkan atau terfiksir didasar dan tidak dapat digerakkan ? apakah semakin lama benjolan terasa semakin membesar ?

    Lipoma merupakan benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot, dapat bergerak atau bergeser dan jika ditekan dengan jari secara perlahan terasa terasa lunak, namun tidak terasa nyeri ketika ditekan.

    Benjolan yang terdapat dibagian belakang badan sekitar tulang belakang atau punggung kemungkinan biasanya memang bukan disebabkan oleh pembengkakan atau pembesaran kelanjar getah bening karena didaerah punggung tidak terdapat adanya rangkaian kelenjar getah bening. Benjolan yang terdapat dipunggung dapat disebabkan oleh beberapa kondisi seperti :

    • Lipoma
    • Kista epidermoid
    • Keratosis seboroik
    • Keratosis pilaris

    Diperlukan penggalian yang lebih mendalam lagi mengenai keluhan yang anda alami. Selain itu diperlukan juga pemeriksaan fisik secara langsung dan juga pemeriksaan penunjang (jika dibutuhkan) untuk dapat menegakkan diagnosis pasti keluha yang anda alami. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan anda in ike dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina