Tanya Dokter

  • lisinopril vs atenolol

  •  susie
    Anggota

    salam ,

    dok, nenek saya umur +/- 80 an ada konsumsi obat omeprazol, metformin , atenolol, lisinopril, simvastatin. sudah lama.

    1. dari searching google , saya baca bahwa atenolol efek sampingnya diere, belakangan ini nenek saya diare sampai 4-5 kali dalam 1 hari dan sudah berlangsung selama 2 minggu. apa salah satu penyebabnya dari obat atenolol?

    2. atenolol n lisinopril fungsinya sama. apa memang perlu atenolol n lisinopril di konsumsi bersamaan? n apakah obat atenolol n lisinopril boleh di minum pada waktu bersamaan?

    3. dari hasil pemeriksaan prodial. dikatakan asam urat tinggi. obat apa yang cocok buat nenek saya ya , dok?

    sebelum dan sesudahnya atas balasan surat ini. saya n nenek saya ucapkan terima kasih atas waktu luang n bantuan yang diberikan.

    salam.

    susie n nenek

     

     

     

    susie  susie
    Anggota

    sebagai tambahan 1. bila diare lbh 2x dalam sehari, nenek saya berikan entrostop. apa ada alternatif obat selain entrostop? ralat nenek sudah diare sudah hampir sebulan. kadang (maaf) mencret berair (bersamaan dgn BAK tanpa disadari.) 2. bila fungsi atenolol dan lisinopril sama . apa diperbolehkan menghentikan salah satu konsumsi obat tsb secara bertahap? (mengingat umur nenek sudah 87) 3. apa obat altenatif obat lain sebagai penganti bila dianjurkan terima kasih  dok salam, susie n nenek

    Halo,   1) Diare bisa disebabkan banyak faktor seperti :

    1. Gastroenteritis akibat virus/ bakteri.
    2. Keracunan makanan.
    3. Efek obat
    4. Radang usus.
    5. Penyakit sistemik
    6. Dll.
    Untuj memastikan apakah penyebab diare nenek Anda akan sangat baik bila Anda memeriksakan nenek Anda terlebih dahulu. Jika Anda mencurigai efek obat sebagai penyebabnya ( lisinopril / atenolol) maka sebelum menghentikan obat tersebut sebaiknya Anda menginfokan dokter yang merawat nenek Anda terlebih dahulu agar bisa dianjurkan penyesuaian dosis atau pengurangan obat. Selain obat lisinopril , metformin juga memiliki efek samping menyebabkan gangguan pencernaan pada penggunanya. Jadi belum tentu penyebab dari diare nenek Anda adalah karena obat atenolol seperti yang Anda perkirakan. Untuk menangani diare Anda bisa menggunakan beberapa langkah seperti :
    1. Minum obat loperamid sesuai etiket.
    2. Banyak minum air putih, oralit dll.
    3. Kurangi konsumsi susu dan produk susu.
    4. Minum obat seperti metformin, lisinopril yang bisa menimbulkan gangguan pencernaan sesuai anjuran.
        2) Betul sekali. Lisinopril dan Atenolol adalah obat anti hipertensi yang diindikasikan untuk menurunkan tekanan darah. Namun pemberian kedua obat ini tentu sudah dipertimbangkan secara matang oleh dokter yang merawat nenek Anda. Konsultasikan masalah ini kepada dokter yang merawat dan tanyakan apakah bisa mengutangi jenis obat darah tinggi yang sedang dikonssumsi. Sebaiknya Anda tidak menghentikan sendiri penggunaan obat tersebut. Lisinopril adalah obat golongan ACE inhibitor yang diindikasikan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi edema dan gejala gagal jantung, menghindari serangan stroke dan melindungi fungsi ginjal dan mata pada penderita DM. Atenolol adalah obat golongan beta bloker yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah , mengurangi kontraksi jantung dan nyeri dada/ angina. Kedua obat ini tidak memiliki interaksi saat diminum secara bersamaan. Namun sebaiknya hindari meminum kedua obat ini secara bersamaan untuk menghindari tekanan darah turun secara mendadak. Ditambah efeksamping lisinopril yang cukup kuat seperti :
    1. Pusing.
    2. Gangguan cerna.
    3. Sakit kepala
    4. Diare
    5. Mual-muntah
    6. Dll.
    3) Penanganan asam urat membutuhkan perubahan pola makan seperti :
    1. mengurangi makanan yang mengandung asam urat tinggi seperti jeroan, seafood, emping, melinjo, kacang dan biji bijian, makanan berkadar gula tinggi, ikan tuna , mackerel dll.
    2. Banyak mengkonsumsi air putih.
    3. Hindari kopi dan alkohol.
    4. Hindari minuman bersoda.
    5. Konsumsi obat asam urat seperti allopurinol, colchicine dll.
    Baca topik Menanggulangi asam urat. Semoga membantu.   Dr. Yusi