Tanya Dokter

  • Apa yang dimaksud dengan vaksin JE?

  •  Yunus AZ
    Anggota

    Selamat pagi dokter, saya minta tolong di jelaskan tentang Vaksin LIVE JE? manfaat dan resikonya? Sekarang kami tinggal di Luar Negeri dan vaksin Live Je menjadi keharusan di negara ini? Terima kasih

    Yunus AZ  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Yunus,

    Vaksin JE ditujukan untuk mencegah penyakit japanese encephalitis / JE. JE adalah radang otak akibat infeksi virus yang ditularkan oleh nyamuk culex. Gejala JE adalah demam, menggigil, sakit kepala, lemas, mual, muntah, dan bila tidak tertangani bisa menimbulkan peradangan otak yang ditandai dengan kaku tengkuk, kejang, kelumpuhan, dan penurunan kesadaran.

    Vaksin JE sangat dianjurkan terutama di negara endemis. Vaksin JE diberikan dalam 2 dosis dengan interval 28 hari. Vaksin JE cukup aman digunakan dan efektif memberi perlindungan terhadap JE. Namun demikian sama seperti vaksin lainnya, vaksin JE juga memiliki resiko efek samping seperti alergi, demam, gejala flu, nyeri kepala, mual, diare, nyeri dan bengkak di tempat suntikan.

    Apabila di negara Anda memang diharuskan melakukan vaksin JE, maka sebaiknya Anda melakukan vaksin JE untuk perlindungan diri, mungkin saja daerah Anda merupakan daerah endemis JE sehingga pemerintah memprogramkan vaksin JE tersebut. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter di wilayah Anda terkait dengan vaksinasi JE berikut dengan kemungkinan efek samping dan penanganan efek samping ringan yang bisa dilakukan ya.

    Untuk mencegah JE, selain dengan vaksinasi, ANda juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

    • Gunakan kelambu pada tempat tidur
    • Pakai lotion anti nyamuk
    • Gunakan obat nyamuk
    • Bersihkan dan tutup tempat penampungan air
    • Jaga kebersihan rumah

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Japanese encephalitis

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y