Tanya Dokter

  • Nyeri di punggung bagian bawah dan solusinya

  • selamat sore dok,

     

    Dulu saya adalah atlet bela diri, saya memperagakan olah raga taekwondo sejak saya duduk di bangku SMK. Sekarang pun saya masih aktif tapi tidak seperti dulu, pertandingan terakhir saya menyebabkan cedera di tulang punggung belakang bawah saya. Pelatih bilang itu low back pain, akan selesai dalam beberapa Minggu.

    Pelatih saya mengatakan itu sekitar 9 - 10 bulan yang lalu atau bahkan lebih, dan hingga kini saya masih merasakan sakit tersebut di punggung bawah saya. Saya tidak bisa melakukan beberapa tendangan yang mengambil gerakan berputar 360*, 540* atau bahkan 720*. Saya cukup terganggu mengingat saya juga seorang pelatih. Saya juga sudah konsultasi pada dokter dan dokter bilang saya tidak boleh melakukan beberapa gerakan ekstrim dahulu. Itu cukup mengganggu untuk saya.

    Saya minta sarannya dok. Terima kasih.

    Hai, Nyeri punggung bawah dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya:

    • regangan otot atau ligamen berlebihan seperti saat olahraga
    • bantalan cakram yang menonjol keluar di antara ruas tulang belakang
    • artritis, yang dapat menyebabkan penyempitan ruang sendi antar ruas tulang belakang
    • postur tubuh yang buruk saat mengangkat, membawa, atau menarik benda
    • membalikkan badan secara tiba-tiba
    Jika terdapat cedera pada tulang punggung bawah, sebaiknya Anda tidak melakukan aktivitas/ gerakan yang berlebihan pada tubuh. Hindari gerakan yang tiba-tiba. Olahraga rutin tetap dianjurkan, seperti renang atau jalan kaki. Lakukan pemanasan dahulu sebelum berolahraga. Miliki postur yang baik saat berdiri, duduk, tidur atau berkendara. Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta tes penunjang seperti sinar X atau MRI, dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sehingga penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya. Anda dapat membaca lebih lengkap pada halaman Nyeri punggung.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto