Tanya Dokter

  • pengobatan luka robek terbuka

  •  ali
    Anggota

    Dok, saya mengalami kecelakan disaat berolahraga futsal, kaki kiri saya terbentur dengan tiang gawang yg berbentuk kotak dan terbuat dari besi. Luka tersebut berada di tulang kering dan kurang lebih lebarnya 1cm dan panjang 2cm, luka yg terbuka terlihat ada yg berwarna putih-putih bukan bening dok, bagaimana dengan hal putih-putih yg terdapat di luka tersebut dok?

    Selamat Malam, Pertolongan pertama pada luka robek dan terbuka antara lain :

    • apabila keluar darah dari luka terbuka tersebut maka hentikan dengan melakukan penekanan menggunakan kassa steril hingga perdarahan berhenti (apabila darah yang keluar sangat banyak dan tidak berhenti lakukan balut tekan dan segera kunjungi unit gawat darurat di rumah sakit terdekat).
    • pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun antiseptik atau menggunakan sarung tangan steril sebelum menyentuh luka
    • cuci daerah sekitar luka dengan cairan fisiologis steril
    • jaga agar luka selalu bersih dan kering dengan rutin mengganti perban
    Untuk mengetahui sedalam apakah luka tersebut dan apakah yang dimaksud dengan warna putih maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya luka tersebut segera diperiksakan ke dokter mengingat luka terbuka lebih rentan terhadap infeksi sehingga perlu dibersihkan dengan peralatan steril dan dokter akan melakukan pengobatan  (misalnya saja pemberian obat penghilang nyeri, antibiotik atau obat untuk menghentikan perdarahan) maupun tindakan sesuai dengan hasil pemeriksaan terhadap luka tersebut. Info lengkap : LUKA TERBUKA   Salam, dr.Debby Phanggestu