Tanya Dokter

  • Pertolongan pertama dalam menangani luka akibat benda tajam

  • Dok , mau nanya kalau bagian tubuh kita contoh tangan terluka akibat terkena pisau atau benda tajam lain na , pertolongan pertama yang harus dilakukan apa dok dan penanganan selanjut na bagaimana???

    Ny MusSe Hyungnim  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Pertolongan pertama pada kondisi tubuh terkena luka gores benda tajam adalah sebagai berikut :

    • Usahakan jangan panik dan berusaha tenang
    • Bila perdarahan banyak dan aktif, lakukan penekanan pada luka dengan menggunakan kassa atau tissue bersih, penekanan dilakukan selama kurang lebih 5 menit atau hingga perdarahan berhenti, jiika perdarahan tetap banyak dan tidak juga berhenti segera temui di instalasi gawat darurat.
    • Segera bilas luka dengan air bersih mengalir selama 10-15 menit, pastikan luka bersih dan tidak ada kotoran yang melekat di permukaan luka, bila perlu cuci dengan sabun.
    • Periksa apakah luka kotor atau terdapat benda asing di dalam luka, seperti kotoran, pecahan kaca, karat, dll.
    • Jika luka terlihat dalam/luas/besar/terbuka maka sebaiknya Anda segera temui dokter agar dapat dinilai dan diperiksa apakah membutuhkan jahitan atau tidak.
    • Jika luka hanya berupa goresan yang rapat dan perdarahan dapat segera berhenti dengan penekanan maka dapat Anda perban atau balut tekan dengan plester dan dioleskan betadine sebelumnya.
    • Perhatikan benda tajam yang melukai Anda, jika benda tersebut berkarat maka sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan suntikan anti tetanus (pada luka yang dalam atau besar).
    Sekian informasi mengenai penanganan pertama pada luka benda tajam. Secara keseluruhan adalah jika luka besar/terbuka dan menglirkan banyak darah, atau jika luka kotor, atau jika luka dari benda tajam yang berkarat maka sebaiknya segera temui dokter agar dapat dibersihkan, dihentikan perdarahannya dan diberi terapi sesuai kondisi seperti jahit luka, antibiotik, anti nyeri atau anti tetanus jika diperlukan. Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    Iya dok tangan kanan bagian telunjuk pas di tengH itu kena gerinda kaya na sih kena tulang na dok ,,, itu kalau hanya diperban saja gimana nanti dok , cuma minum amoxilin sana parasetamol