Tanya Dokter

  • Gejala luka yang tidak kunjung sembuh dan cara mengobatinya

  • Selamat Pagi Dok.. Saya pernah merasa gatal di bagian kaki, karena gigitan nyamuk hutan. bekas gigitan itu terasa gatal sekali. sehingga membuat luka di kaki. sekitar 2 bulan akhirnya luka itu sembuh. dan kulit kaki sudah normal. namun seminggu kemudian kaki saya terasa gatal dan saya garuk, namun luka kembali. sampai sekarang luka itu tidak pernah kering dan bernanah.

    saya kasih alkohol dan revanol untuk mempercepat luka yag sembuh.. namun setiap kali saya kasih alkohol dan revanol, justru membuat nanah keluar. saya ganti dengan menggunakan betadine, namun nanah tetap keluar.  setiap pergi ke kantor, saya pake kaos kaki kemudian setelah melepas kaos kaki, luka nanah yang sempat kering terbuka kembali. sehingga susah untuk sembuh. saya perlu sarannya dokter, supaya luka ini cepat sembuh.

    Hai Untuk luka sebaiknya tidak menggunakan alkohol karena alkohol tidak diperuntukan untuk mencuci luka dan justru dapat memperlama proses penyebmbuhan. Untuk mencuci atau kompres luka yang dapat digunakan antara lain: Rivanol, povidone iodine atau dengan larutan saline (NaCl). Luka yang sampai bernanah sebaiknya dilakukan pencucian luka oleh tenaga medis, karena diperlukan obat dan teknik yang benar dan steril. Hindari luka tersebut dari basah dan kotor dan sebaiknya tidak memakai kaos kaki untuk sementara. Selain itu diperlukan pengobatan antibiotik minum dengan jenis, dosis dan penggunaan yang tepat dari dokter untuk mematikan kuman. Sebaiknya Anda ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william