Tanya Dokter

  • luka bakar

  • Dok,kerabat saya menderita luka bakar dikaki hampir 4bulan dan sekarang sudah hampir sembuh...lalu kenapa pas ia ingin belajar jalan kakinya merasakan kesemutan yg hebat

    Andra Vinansyo Part II  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat siang, Luka bakar dapat menyebabkan komplikasi lanjut setelah masa penyembuhan, tergantung dari seberapa luas dan dalam kulit dan jaringan yang rusak terbakar, serta penanganan yang sudah dilakukan untuk mengobatinya. Beberapa kondisi lanjut pada korban luka bakar adalah :

    • Bekas luka atau keloid. Pertumbuhan jaringan parut sebagai pengganti jaringan kulit. Tampilan dari keloid tentunya berebda dari kulit biasa, keloid dapat terbentuk tidak beraturan, berwarna lebih gelap dan lebih tinggi dari permukaan kulit normal sekitarnya.
    • Kontraktur, terutama pada luka bakar yang tejadi di daerah lipatan. Pada proses penyembuhan, digantikan oleh jaringan parut yang tingkat keelastisannya tidak seperti kulit normal, sehingga akhirnya terjadi keterbatasan pada saat menggerakan daerah persendian tersebut. Contoh jika terjadi pada lipatan siku, maka dapat terlihat kulit daerah siku yang tidak dapat terlipat dengan sempurna atau bahkan sebaliknya tidak dapat diluruskan dengan sempurna akibat tarikan dari jaringan kontraks=tur tersebut.
    • Kerusakan syaraf, dapat menimbulkan gejala mati rasa, kebas, atau rasa nyeri atau kesemutan.
    Sebaiknya periksakan gejala yang dialami jika memang terlalu mengganggu agar dapat dicari penanganan untuk mengurangi keluhan. Anda dapat membaca artikel mengenai Luka Bakar. Seiring dengan proses penyembuhan, timbul jaringan parut pada daerah luka yang mengisi atau menggantikan daerah yang rusak terbakar.