Tanya Dokter

  • Perawatan luka bakar yang tepat

  •  Liapratiwi
    Anggota
    Mlm dok.. Saya mau tanya kaki ank sya kena knalpot motor..dan lukanya lebar.. Kemaren uda sempat agak kering..gak tau nya kaki ank saya ke srempet meja..jadi kulit bagian luarnya ngelupas.. Mnurut dokter luka yg suka mmbuka ini ditutup pakai perban atau dbiarkan trbuka??trs dkasih obat/salep ap biar cpet kering? Trima kasih

    Lia yang baik,

    luka bakar merupakan kerusakan jaringan yang terjadi karena paparan panas berlebihan pada kulit. Pada luka ini, terdapat beberapa tampilan luka, sesuai dengan derajat terbakarnya luka. Tampilan tersebut secara umum dapat digolongkan sebagai :

    • derajat 1 yakni kemerahan, ciri luka bakar ini bisa ditemui pada mereka yang terbakar sinar matahari terik
    • derajat 2 A timbul gelembung di kulit
    • derajat 2B gelembung sudah tidak ada melainkan tampilan kulit dibawahnya yan tampak licin mengkilat
    • derajat 3 yakni luka berwarna gelap dan bertekstur seperti bahan kulit

    Penanganan luka bakar harus disesuaikan dengan derajat serta keparahan luka bakar. Pada daerah tertentu seperti alat kelamin atau sekitar wajah bahkan diharuskan untuk rawat inap karena adanya komplikasi yang membahayakan. Secara umum luka bakar akan dipakaikan salap yang mengandung silver sulfadiazine untuk mencegah infeksi dari luka tersebut kemudian ditutup. Yang terbaik ialah Anda mengonsultasikannya secara langsung ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Berikut kami lampirkan artikel mengenai luka bakar. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief