Tanya Dokter

  • Bekas luka terkena kencing kecoa

  •  uhuyy
    Anggota
    Malam dok , saya umur 27 thn , 1 minggu yg lalu saat saya bangun tidur , pipi saya sebelah kanan ada luka seperti bekas dikencingin kecoa , lalu malam nya saya kasih alkohol dan sehabis itu luka nya saya tutup , besok nya saya ke apotik lalu beli salep yg kata nya biasa nya untuk menghilangkan bekas luka akibat serangga dll . Tetapi sampai sekarang luka nya yg awal nya kecil , sekarang malah makin tambah melebar . Kira2 saya harus gimana ya dok ? Terimakasih

    Salam,

    Dari info yang Anda sampaikan, keluhan ini kemungkinan dapat disebabkan oleh radang kulit akibat kontak dengan suatu zat atau bahan tertentu yang dapat mengiritasi kulit kita, atau dikenal juga dengan dermatitis kontak.

    Keluhan ini pada awalnya berupa keluhan perih, gatal, nyeri ringan, dan ruam kemerahan dapat berupa goresan dengan peninggian kulit di tepinya. Namun, hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaan langsung oleh dokter keluarga Anda atau dokter spesialis kulit.

    Beberapa kondisi di bawah ini dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. luka gores

    2. gigitan serangga

    3. infeksi kulit

    4. infeksi jamur

    5. atau suatu alergi kulit

    Dengan pemeriksaan langsung, diharapkan penyebab keluhan ini dapat dipastikan oleh dokter sehingga dokter Anda dapat memberikan pengobatan dan perawatan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah menghindari kontak dengan tangan Anda pada daerah ruam kulit, sehingga mencegah ruam semakin meluas dan mengalami peradangan lebih lanjut. Selain itu, menjaga kebersihan kulit dan tangan kita menjadi poin penting untuk mencegah resiko radang pada kulit kita.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga dermatitis-kontak.

    dr. Ulfi