Tanya Dokter

  • Keluar cairan pada bekas luka caesar

  •  SRi Muliani
    Anggota

    dok, saya sesar 10 september kemarin. Tapi luka jahitan terkadang lembab dan keluar cairan padahal sudah sebulan lebih. Udah ke dokter dan diberi obat tapi tetap gak ada perubahan, jd inisiatif konsumsi obat herbal jahitan kering tapi kenapa sesekali lembab lagi dan kelur cairan lg dok?? Bahaya kah itu dok??

    Hai Sri Kemungkinan luka operasi sesar tersebut terbuka sehingga terjadi luka menjadi lama sembuh dan berair. Luka operasi pada kulit dapat sedikit terbuka dapat disebabkan ole:

    • Batuk terus menerus karena terjadi peningkatan tekanan pada perut sehingga terjadi pula perenggangan pada kulit perut.
    • Kurangnya nutrisi terutama protein yang berfungsi untuk pertumbuhan jaringan kulit
    • Adanya penyakit kencing manis (diabetes mellitus)
    • Infeksi.
      Pada luka operasi sesar yang sedikit terbuka biasanya tidak perlu dilakukan penjahitan ulang. Yang perlu dilakukan adalah penanganan luka secara mandiri dirumah dan tetap kontrol pada dokter Anda untuk memantau proses penyembuhan luka. Yang dapat Anda lakukan antara lain:  
    • Membersihkan luka dengan laruan NaCl dan mengompres luka ditutup dengan kassa yang dibaluri rivanol, agar cairan luka dapat terserap oleh kassa dan kering.
    • Makan makanan bergizi dan protein tinggi untuk mempercepat penyembuhan luka.
    • Melanjutkan obat-obatan dari dokter seperti antibiotik, dsb.
      Proses penyembuhan luka operasi dengan jahitan yang terbuka memang lebih lama jika dibandingkan dengan luka yang tetap rapat, namun lama kelamaan akan tetap merapat dengan pertumbuhan jaringan kulit. Umumnya luka tersebut menyebabkan bekas luka bila setelah sembuh nanti. Selama luka masih terbuka berpotensi terjadinya infeksi bakteri. Jika luka Anda menjadi nyeri, merah, bengkak, perdarahan banyak, luka terbuka semakin melebar, keluar nanah kehijauan dan berbau, dan disertai demam, sebaiknya segera memeriksakan ke dokter karena kemungkinan terjadi infeksi bakteri. Semoga membantu ya. Terima kasih.   dr.Yan william

    SRi Muliani  Ibnu
    Anggota

    dok aq jga mau bertanya,istriq stelah melhrkan scra sesar,knpa disekitar beks operasi ad benjolan2 kecl yg isinya cairan bening kya bkas luka bkar?