Tanya Dokter

  • Luka di belakang telinga yang tidak sembuh-sembuh

  •  istiifatimah
    Anggota
    Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Usia saya skrng 22 tahun. Dan dari kecil, telinga saya (tepatnya di belakang daun telinga) selalu mengalami ada cairan (luka) dn kadang juga berbau. Kadang terasa gatal sekali. ketika d berikan obat (strong acid atau betadine atau baby oil) itu terasa perih. Kadang yg d belakang telinga tsb kering. Tp lebih sering basah. Kira2 apa yang harus saya lakukan dok? Terimakasih banyak.

    Halo, terimakasih atas pertnayaan yang Anda sampaikan.

    Sulit untuk mengatakan dengan pasti tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap lesi / kelainan kulit tersebut, tetapi sidatnya yang kronik / sudah lama dan lokasinya di belakang telinga (serta area lipatan) maka membuat beberapa penyakit menjadi lebih mungkin sebagai penyebabnya daripada yang lain seperti :

    Hindari menggaruk-garuknya karena dapat melukai dan menyebabkan infeksi sekunder. Kenakan pelembab pada area tersebut. Adanya bau menunjukkan mungkin ada suatu infeksi sekunder pada area tersebut, sehingga mungkin perlu pemberian antibiotik topikal pada area itu.

    Akan tetapi saya kira sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksa kondisi itu dan menentukan diagnosis serta penanganan yang sesuai, karena kondisi-kondisi tersebut diatas memiliki cara penanganan yang berbeda-beda sehingga menentukan diagnosa yang tepat menjadi penting.

    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga   bermanfaat

     

    dr. Lili