Tanya Dokter

  • Cara mengobati luka di dalam miss v

  • assalamualaikum.. dokter saya mau tanya.. teman saya menderita sakit yg luar biasa karena miss v nya luka akibat hubungan intim dg suaminya.. terutama area bibir sperti sariawan dan lecet dibawah klitorisnya.. bagaimana cara mengobatinya ya dok? saya kasian karena dia merasa kesakitan sekali... terima kasih

    Nophytha Sulandari  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Nophytha, Hal seperti yang kamu sampaikan (lecet dan nyeri setelah hub. seksual) merupakan hal yang lazim terjadi, terutama pada awal-awal seseorang mulai aktif berhubungan seksual, tetapi hal tersebut janganlah diremehkan karena akan berpotensi menimbulkan beberpa gangguan seperti infeksi pada tempat lecet, rasa tidak nyaman karena nyeri, dan trauma/takut berhubungan seksual yang berimbas pada sulit tercapainya kenikmatan dalam berhubungan seksual yang dapat mengganggu keharmonisan pasutri. Beberapa hal yang perlu dilakukan :

    1. Hampir seluruh kasus seperti ini terjadi akibat kurangnya pemanasan ('main asal tancap') sehingga  vagina masih kering, belum memproduksi cukup pelumas dan belum siap dimasuki penis. Sebaiknya saat melakukan hubungan seksual lakukanlah foreplay/pemanasan yang cukup, lakukanlah hubungan setelah pasangan cukup memproduksi pelumas ('sudah basah')
    2. Komunikasikan kendala tersebut pada pasangan sehingga solusi sesuai dapat dicapai
    3. Gunakan pelumas tambahan yang dapat dibeli bebas, usahakan yang berbahan dasar air, jangan minyak
    4. HIngga kondisi membaik, sebaiknya hindari sementara hubungan seksual
    5. Untuk luka leet, dapat dibasuh dengan cairan antiseptik khusus daerah kewanitaan
    6. Untuk mengurangi nyeri anda daapt mencoba mengkonsumsi parasetamol atau ibuprofen
    7. Jika hal-hal tersebut diatas tidak berhasil atau gangguan ini berlangsung lama (misal lebih dari 1-2 minggu) sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.
    Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat