Tanya Dokter

  • Luka dan gatal disekitar kemaluan

  •  Rosse
    Anggota
    Selamat malam dok. Saya mau tanya, beberapa bulan yang lalu saya pernah merasa gatal2 dan iritasi saat memakai pembalut merek tersebut. Lalu, sekitar seminggu yg lalu saya mencoba lagi memakai pembalut yang sama dengan merek yg pernah membuat saya gatal2 disekitar kemaluan sampai bagian (maaf) pantat saya. Dan, saat saya memakai pembalut tsb, awalnya biasa saja, tapi, setelah hari ketiga daerah sekitar kemaluan saya terasa perih seperti ada luka. Kemarin saat saya berhubungan badan dengan suami saya, saya merasa daerah dipinggir kemaluan saya terasa perih sekali. Dan, hari ini saya coba cek ternyata dibagian pinggir kemaluan saya seperti ada luka yang sudah mengering dan mengelupas. Penyebab luka tsb apa ya dok? Dan saya harus bgm menyembuhkan luka ini? Terimakasih. Selamat malam

    Halo Rosse, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gatal serta luka yang muncul di daerah kemaluan anda yang muncul setelah menggunakan pembalut merek tertentu kemungkinan disebabkan karena reaksi alergi atau iritasi dengan pembalut yang anda gunakan. Setiap merek pembalut membuat pembalutnya dengan bahan yang berbeda-beda. Pembalut merek tertentu juga kadang menambahkan bahan-bahan tertentu ke pembalutnya untuk mencegah terjadinya bau atau mencegah berkembangnya bakteri di pembalut. Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan terjadinya alergi dan iritasi pada kulit yang sensitif. 

    Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan terjadinya gatal dan luka pada daerah kemaluan anda dalah infeksi jamur pada daerah kemaluan seperti kandida atau tinea, infeksi bakteri, dermatitis intertriginosa yang dapat terjadi karena panas, lembab, gesekan, serta sirkulasi udara yang kurang di daerah selangkangan, infeksi parasit seperti skabies, dan lain sebagainya.

    Untuk megatasi terjadinya alergi atau iritasi pada daerah kemaluan anda, lakukan hal-hal berikut ini:

    1. Jangan gunakan pembalut yang sama lagi
    2. Gunakan pembalut yang bebas pewangi serta terbuat dari bahan yang lembut dan tidak menggesek kulit
    3. Jangan gunakan celana dalam yang terlalu ketat
    4. Gantilah pembalut sesering mungkin untuk menjaga area kemaluan tetap kering dan tidak lembab
    5. Jangan menggaruk karena dapat menimbulkan luka dan infeksi lebih lanjut

     

    Bila kondisi yang anda miliki saat ini tidak membaik atau justru bertambah parah, anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia