Tanya Dokter

  • Penyebab bekas luka jahitan terus mengeluarkan cairan

  •  Ahmad ihwan
    Anggota
    Dok mau tanya. Saya sudah 2 minggu lebih melakukan operasi ganti kulit di kelamin. Nah jahitan yg atas sudah agak mengering. Cuman jahitan yg bawah dan di panggal batang bagiab bawah belom menyatu. Dan sering keluar cairan terus . Apakah itu proses penyembuhan. Dan tidak apa apa

    Salam,

     

    Adanya operasi ganti kulit atau skin graft memang memerlukan perawatan yang cukup detail, hal ini untuk medapatkan hasil operasi yang baik serta mencegah resiko infeksi. 

    Pada sisi penis atas, resiko kelembaban dan paparan air sangat minimal, sehingga proses pemulihan luka skin graft juga dapat lebih baik. Namun pada posisi bawah penis, dimana resiko kelembaban area tersebut tinggi serta paparan air pada saat miksi, resiko pemulihan dapat lebih lama. Begitu juga pada daerah panggul bawah yang mungkin menjadi kulit donor untuk penis.

    Pada pasien dengan tindakan ini, diharapkan dalam 2 minggu mendapatkan respon pemulihan dan penyembuhan yang optimal. Luka mendapatkan perban luka yang dapat menyerap cairan dari area luka, sehingga membantu pemulihannya. Adanya cairan yang keluar merupakan cairan radang yang timbul pada area radang atau area operasi, dan hal ini merupakan suatu proses pemulihan luka, namun ciran ini juga harus dirawat rutin dan dikeringkan, sehingga kulit yang ditempelkan terbentuk baik di penis. Bila cairan yang ada di panggul, cukup dikeringkan.

    Bila Anda masih merasakan keluhan, sebaiknya Anda berkonsultasi rutuin dengan dokter yang merawat Anda minimal 1 kali dalam 1 minggu atau sesuai petunjuk dokter Anda. Penggunaan wound dressing akan membantu pemulihan luka Anda.

    Yang perlu Anda hindari adalah stop kebiasaan merokok, dan kontak dengan air.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga  penil skin graft.

    dr. Ulfi